Loenpia Semarang, Beda Tempat Beda Rasa

Loenpia Mba Lien. Ingat foto setelah hampir masuk mulut ;)(doc Tides photo by me)
Loenpia Mba Lien. Ingat foto setelah hampir masuk mulut πŸ˜‰
(doc Tides photo by me)

Β 

Semarang, kota loenpia katanya. Jadi pada dua kali kesempatan aku kesana, tak kulewatkan untuk makan loenpia (lebih sering disebut lumpia).

Yuhuuuu..
Kali pertama ke Semarang adalah ketika aku lomba Backpacking Race #Solorizing to Borobudur (22/09/2012). Kedua, saat aku hitchhiking by myself, mencoba keberuntungan jempolku ke Jawa Tengah melalui jalur pantura (30/11/2012).

Setahuku, loenpia itu ada 2 macam, loenpia basah dan kering. Aku baru mencoba yang kering, yaitu dengan cara di goreng. Aku belum pernah mencoba yang basah. Seperti apa rasanya pun aku tak tahu. Baiklah, ini adalah cerita loenpia ku untukmu.

***

Loenpia Mbak Lien di Semarang(doc Tides photo by Bule)
Loenpia Mbak Lien di Semarang
(doc Tides photo by Bule)
  • Loenpia Mbak Lien

Loenpia Mbak Lien ini berada di jalan Grajen, tapi aku sempat bingung dengan spaduknya yang tertulis Jalan Pemuda. Aku tak menanyakannya karena penasaranku yang lebih besar pada rasa loenpia tersebut ketimbang bertanya banyak.

Aku rasa disana adalah pusatnya. Aku menemukan alamat yang sama lengkap dari kartu nama yang diberikan si mbak yang melayani kami. Ini dia:

Loenpia Mbak Lien
Jl Pemuda
Telp (024) 3580734 / 7620015
Jl Pandanaran (depan Bandeng Juwana)
Telp 081 824 2086
Semarang

Hmmm… hanya menunggu 5 menit untuk disajikan panas, menambah aroma harum loenpia nya.

Loenpia ini disajikan dengan sebatang daun bawang, acar timun berikut cabai rawit jika ingin pedas, serta kuah kental yang sepertinya terbuat dari tepung sagu.

Karena digoreng dan masih panas, begitu menggigitnya, krenyes-krenyes enak deh rasanya. Aku memesan yang original. Menurut informasi yang aku peroleh, bahan utama loenpia Mbak Lien ini adalah ayam.

Loenpia Mbak Lien ini jika dibawa pulang sebagai buah tangan bisa tahan 2 hari dan jika dimasukkan dalam kulkas (freezer) bisa tahan 5 hari.

  • How to get there?

Gampang saja.

  1. Naik bis kota yang melewati Jl. Pemuda. Turun di depan Sri Ratu, cari Gang Grajen. Loenpia Mbak Lien ada di seberangnya.
  2. Bisa juga naik taksi kosti.

Catatan saya, harus cermat, karena banyak loenpia lainnya di sisi kanan kirinya.

Harga loenpia per porsi Rp 10.000,-

***

Lumpia Express saat hitching by myself ke Semarang akhir tahun 2012(doc pribadi)
Lumpia Express saat hitching by myself ke Semarang akhir tahun 2012
(doc pribadi)
  • Loenpia Express

Selanjutnya, aku mencoba Express. Loenpia ini adalah warung loenpia franchise. Buka dari pukul 05.00-22.00 WIB. Bertempat di Jalan Gajah Mada No. 142 Semarang, Indonesia, Β telpon (024) 354 7697.

Tempatnya terlihat dari luar tampak seperti rumah makan fasfood lainnya. Bersih dan adem. Untuk yang senang dengan udara luar pun, disediakan tempat duduk diluarnya dengan pembatas kaca. Terlihat seperti aquarium. Heheheee…

Sayang, sewaktu aku mencicipi loenpia tersebut, kurang hangat. Β Rasanya sih memang enak. Tapi jika hangat masuk dalam tenggorokan dan perut, tentu akan memberikan nilai plus kan?

Varian rasa di loenpia express ini diantaranya adalah:

  • Udang
  • Ayam
  • Kepiting

Harga loenpia per porsi Rp 10.000,-

***

Berikut adalah isian dan saus loenpia kering secara global.

Untuk isi:

  • Rebung
  • daging ayam giling
  • ebi halus
  • Β udang kupas
  • bawang merah
  • bawang putih
  • batang seledri
  • merica bubuk
  • garam
  • gula pasir
  • bumbu penyedap rasa
  • kecap asin
  • kecap manis
  • minyak goreng secukupnya

Saus Kental:

  • Tepung sagu
  • Gula merah
  • Kecap
  • Garam

Setiap kuliner yang sudah dicoba ini, tergantung bagaimana proses memasak dan penyajiannya kan? Aku bisa memberikan nilai untuk kedua loenpia yang telah masuk perutku itu. Tinggal kamu deh yang harus mencoba kedua loenpia di beda tempat ini.

Selamat berburu loenpia yah teman-teman…. πŸ˜€ (jie)

***

Terima kasih untuk:

  1. Greenpeace yang mengajak saya dalam lomba Backpacking Race sehingga bisa menikmati loenpia Rp 0,-
  2. Primus teman Sail Morotai yang mengajakku ke Loenpia Express juga Rp 0,-
  3. Kedua sponsor perutku untuk Loenpia —-> Rp 0,- FREE, terima kasih πŸ˜€

***

Loenpia Express(doc pribadi)
Loenpia Express
(doc pribadi)
Published by

ejiebelula

I'm just an ordinary person who is always looking for friends, adventures and life stories to complete. it all started from any footsteps, traveling and recording with a cheerful heart notes and a spirit that always accompany my steps toward the so-called ideals of the school also hopes to live through the experience. I will dedicate my heart only for two, red and pink. # Waiting for the right moment for a heart the gift of God

5 thoughts on “Loenpia Semarang, Beda Tempat Beda Rasa”

  1. one individual can need a coffee maker that makes use of a particular line of
    coffee and dispenses one mug at just a period, whereas another can favor the coffee maker which might brew a cooking pot large enough for the whole celebration.
    I would become really amazed when you could get a hold
    of this particular Western fold Quick – Drip 10-mug coffee maker for purchase anyplace, but you
    may well be ready to find the used any using the internet, possibly
    through craigslist, e – Bay, or Bid – Cactus.

    1. Salam kenal chris πŸ™‚
      terima kasih ya chris mampir ke blog ejie..

      masalah enak atau ngga, menurut ejie tergantung selera yah? gmn lidah, tenggorokan, perut bekerjasama dalam mengolah rasa saja.

      kl kesana, dicoba aja icip2 deh.biar chris tau rasane. heheh

      happy cullinary, chris…

      1. Salam kenal juga Ejie.
        Sorry aku comment dulu sebelum kenalan πŸ™‚
        Pasti aku akan coba beberapa yang berbeda seperti saran Ejie. Thanks ya.

Leave a Reply

