Catper: Journey with The Band to Prabumulih [1]

Langkah awal ini membawaku ke selatan pulau Sumatera,
mengantarkan sekelompok pemusik muda, Tarzanboys yang tidak bisa dibilang baru di dunia hiburan.
Mereka ada sejak belum boomingnya band-band beraliran melayu.
Namun sempat vakum karena beberapa hal.
Kali ini aku akan bercerita mengenai perjalananku bersama mereka.
***
Penampilan panggung di lapangan Prabujaya. (doc Hendri)
Penampilan panggung di lapangan Prabujaya.

Palembang – Prabumulih
Mei 1st, 2013

• First Day

Pukul 03.30 WIB
Aku tiba di halte busway Garuda depan Tamini Square seperti yang telah ditentukan. Kendaraan sebuah perusahaan rekaman akan menjemputku disana untuk menuju bandara Soekarno Hatta.

Pukul 04.15 WIB
Kendaraan tiba dan aku mulai menyapa personil band Tarzanboys yang jujur belum pernah aku temui sama sekali, hanya bertemu dengan personil manager band ini saja yang tak lain adalah temanku, Hendri. Karena saat itu gelap jadi tak terlalu melihat seperti apa mereka. Kami melaju ke bandara mengingat pukul 06.25 pesawat yang kami naiki akan take off.

Pukul 05.30 WIB
Tiba di bandara, aku langsung melakukan tugasku. Cek personil, kelengkapan dll juga urus tiket . Aku baru memperhatikan dan diperkenalkan sekilas oleh Hendri dengan personil saat kami masih sibuk dengan urusan keberangkatan. πŸ˜€

Sempat akan dipindahkan jam keberangkatan menjadi pukul 09.00 WIB dari jadwal sebenarnya, saat seorang petugas dari pesawat mengatakan bahwa ada perbaikan terhadap pesawat yang kami naiki. Katanya, 27 orang akan dialihkan di jam tersebut termasuk kami.

Untung aku sudah tahu jadwal kegiatan kami di Palembang sehingga aku pun beragumentasi dengan petugas tersebut. Hasilnya, kami tetap dapat berangkat sesuai jadwal semula. Alhamdulillah….

Pukul 06.40 WIB
Take off menuju bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang dengan waktu terbang 55 menit. Hee?? Bertambah 10 menitkah perjalanan? Setahuku ke Palembang hanya memakan waktu 45 menit. Hehehe…. Itu mah tahun lalu waktu aku hitchhike untuk reuni sekolah.

Pukul 08.30 WIB
Setibanya disana, tepat pukul setengah 9 kami meluncur menuju Prabumulih dengan dijemput EO yang mengurusi transportasi. Kami bertolak ke sebuah kota yang menempuh perjalanan selama 3 jam dari Palembang.

Kami bersama rombongan band lain yang juga akan manggung bersama nantinya, The Titan. Iring-iringan kendaraan sebanyak 6 mobil pun meluncur.

Di kendaraan dimana band kami berada dan terbagi dalam 2 kendaraan, crew beristirahat untuk kesiapan cek sound juga penampilan malam hari nantinya.

Pukul 11. 30 WIB
Tiba di lokasi, hotel South Sumatra, kami segera check in, istirahat sejenak dan makan siang.

Pukul 12.30 WIB
Check sound di lapangan Prabujaya. Sekitar 15 menit dari hotel kesana. Lapangan yang luas, udara yang panas serta kanan-kiri jalan masuk menuju lapangan yang dipenuhi dengan umbul-umbul putih bertuliskan sebuah merk rokok dari sponsor, menyambut kami.

Tarzanboys melakukan check sound sebanyak 2 lagu dari 4-5 lagu yang akan ditampilkan nantinya. Lumayan lama juga, karena ternyata check sound itu mengklopkan (mencocokkan) nada dari alat musik yang dikeluarkan pada sound system apakah sudah pas atau belum.

Aku sudah lumayan sering mengikuti event seperti ini, tapi untuk terlibat langsung di dalamnya yang berkaitan dengan musik tidak. Soalnya biasanya aku berada pada bidang lainnya. Kebanyakan bertanggungtawab dalam public, dokumentasi maupun publikasi. Ini adalah pengalaman baru buatku.

Check sound pun ternyata tak mudah dan tak sebentar. Di depan panggung, ada 1 jalur yang menuju ke tempat dimana orang yang bertanggungjawab terhadap kelangsungan hasil yang dikeluarkan oleh sinkronisasi sebuah suara pada sound. Bersama beberapa orang, mengecek hasilnya jika lagu telah dinyanyikan. Mereka akan mengatur dan menyarankan seperti apa sebaiknya (aku belum terlalu paham mengenai hal ini πŸ˜€ ).

Pukul 15.00 WIB
Menyewa sebuah studio untuk latihan 2 buah lagu yang diminta pihak sponsor untuk variasi lagu saat penampilan.

Pukul 14.00 WIB
Kembali ke hotel, briefing, beristirahat, dan menerima tamu.

Pukul 18.00 WIB
Persiapan berangkat ke panggung.

***

Rendi sang vokalis saat aksi di panggung. (doc Hendri)
Rendi sang vokalis saat aksi di panggung.
  • The Show

Pukul 19.15 WIB
Tiba di lapangan Prabuwijaya. Cek lokasi dan panggung serta briefing juga support teman-teman band yang akan tampil. Melakukan pemanasan pun dilakukan personil band.

Tepat pukul 20.00 WIB, Tarzanboys tampil.

Lagu pertama penonton mungkin masih sedikit berpikir. Di lagu kedua, sudah mulai bergoyang. Puncaknya adalah ketika lagu ketiga dimainkan dimana tak sampaiΒ  semenit, penonton mulai menyambut lagu yang dibawakan.

Mereka bernyanyi bersama Rendi, sang vokalis. Penampilan atraktif pun ditampilkan oleh Adi bassis, Hendra melody, Tommy drummer dan Oji keyboardist. Serta 3 orang additional player Tantra, Gusto, Sabar yang mensupport teman-teman pemain band.

Hingga di lagu terakhir, penonton terbilang puas dengan penampilan mereka. Sayang aku tak sempat mengabadikan mereka dalam video karena kerjaanku. Next town, insya Allah akan kucoba untuk mengambil videonya. (jie)

#cerita selanjutnya kuliner sederhana Tarzanboys and the crew serta delay kepulangan…

The crew (doc Hendri)
The crew, minus 1

Published by

ejiebelula

I'm just an ordinary person who is always looking for friends, adventures and life stories to complete. it all started from any footsteps, traveling and recording with a cheerful heart notes and a spirit that always accompany my steps toward the so-called ideals of the school also hopes to live through the experience. I will dedicate my heart only for two, red and pink. # Waiting for the right moment for a heart the gift of God