Thailand Friend, Just Like My Pa

Ejie said:
Allah itu selalu memberikan kesempatan terbaik dalam hidup.
Pergunakan sebaik-baiknya kesempatan itu, karena mungkin takkan adalagi kesempatan yang sama di masa datang.
So, enjoy your life πŸ™‚
***
Bertemu orang cerdas kembali. (doc pribadi)
Bertemu orang cerdas kembali.
(doc pribadi)

Jakarta
June 10th, 2013

Bertemu orang-orang baru yang cerdas. Beda ras dan bangsa. Beda culture dan bahasa. Beda tingkah pola. Sebut saja Indonesia dan Thailand. Bilang saja aku dan Mr. Wisit . Siapa dia?

Aku mengenal Mr. Wisit pada acara sarasehan yang dibuat oleh sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pertanian, khususnya. Namanya Pandu Tani Indonesia. Acaranya baru Senin (10/06) kemarin di Gedung PIA Kementrian Pertanian Indonesia yang bertempat di daerah Ragunan, Jakarta.

Di acara tersebut, Mr. Wisit ini adalah penterjemah Mr. Charoonkiat Phattara Monstrisin, Presiden Nano Bio Co. Ltd. Mungkin seharusnya aku lebih tertarik pada kecerdasan Mr. Charoonkiat ya? Tapi entah kenapa, mataku hanya tertuju pada kesabaran Mr. Wisit dalam menterjemahkan bahasa Thailand (Tagalog sepertinya yang dipergunakan saat itu) ke English dan dari English ke Indonesian diterjemahkan oleh Pak David K. Winata, Pandu Tani Indonesia.

Mr. Wisit yang aku perkirakan berusia sekitar 50 tahunan, lebih seperti seorang ayah -papaku- berwajah dengan senyum yang ramah serta tak sungkan menjawab setiap pertanyaan yang mengalir dengan menterjemahkan pertanyaan tersebut kepada Mr. Charoonkiat.

Aku tidak terlalu menanyakan biodata Mr. Wisit saat itu, karena aku lebih tertarik pada cara ia berkata, menyampaikan dan ada saat dimana ia ramah saat berbicara di luar ruang materi.

Yapp, 1 kesempatan dimana saat itu aku menguasai kamera (hehehee….. I’m the photographer) dan bermaksud mengambil gambar saat semua sedang istirahat dan makan siang. Tatkala kameraku menangkap Β Mr. Wisit dan teman photographer from Thailand yang sedang makan, aku menanyakanya tentang menu tersebut. Mereka menawarkanku agar makan juga. Aku menjelaskan tentang ketakbisaanku makan nasi dan sedikit bercerita meski tak mendetil apa penyebabnya.

Kiri, Ejie lupa nama photographer dan juga seorang it asal Thailand ini. Maaf ya? :) Kanan: Mr. Wisit yang baik. (doc pribadi)
Kiri, Ejie lupa nama photographer dan juga seorang IT asal Thailand ini. Maaf ya? πŸ™‚
Kanan: Mr. Wisit yang baik.
(doc pribadi)

Keakraban terjadi begitu saja. Kami tertawa dan ia pun menanyakan perihal kudapan (makanan ringan) yang belum sempat dimakannya. Dia menanyakan apa saja isi risoles yang ia pegang. Aku katakan isinya adalah kentang dan wortel. Beberapa ada yang isinya daging. Ternyata Mr. Wisit tak memakan daging. Ia sorang vegetarian sejak lama. Aku menyarankan membelah kue tersebut agar kelihatan isinya dan ia melakukannya lalu memakannya karena tak ada daging. Dari percakapan dengan tema makanan sekalipun, pertemanan itu bisa terjadi ya? Lucu.

Pun ketika akhirnya ia kembali menjadi penterjemah untuk partnernya itu, Mr. Wisit tetap ramah menjawab saat aku bertanya (dengan setiap pertanyaan yang selalu membuatku penasaran akan hal-hal baru).

Di luar gedung, ketika kami menuju tempat eksperimen cairan nano bio pun, aku banyak bertanya. Ada peserta yang belum terlalu mengerti mengenaiΒ  nano bio dan aku mencoba membantunya dengan menanyakannya pada Mr. Wisit dengan Englishku yang tak sempurna. Mr. Wisit menjawab pertanyaanku dengan baik.

Dari obrolan pertanian, kami selingi dengan obrolan biasa juga. Mr. Wisit dan 5 orang teman-temannya masih akan berada di Indonesia untuk beberapa waktu lagi. Mereka masih akan menyelesaikan tugasnya Indonesia, memperkenalkan nano bio pada petani khususnya.

Mr. Charoonkiat, me and Mr. Wisit setelah selesai acara eksperimen dan praktek menggunakan nano bio di halaman Kementrian Pertanian RI, Jakarta, Senin (10/06). (doc pribadi)
Mr. Charoonkiat, me and Mr. Wisit setelah selesai acara eksperimen dan praktek menggunakan nano bio di halaman Kementrian Pertanian RI, Jakarta, Senin (10/06).
(doc pribadi)

***

Sebenarnya apa ya yang bisa Ejie share dari tulisan ini?

Pertemanan, okeee…. Dapat pengetahuan baru, okeeeee juga.. sedikit mengerti bahasa Tagalog dengan saling bertukar bahasa, oke siiiippp…. Intinya, berteman itu tidak mengenal ruang, waktu dan warna ya? Bertemanlah dengan siapapun yang membawa dampak positif bagi dirimu. Benar kan ya? πŸ˜€

Saat aku menanyakan agar bisa berbicara mengenai apapun termasuk nano bio yang pastinya akan aku tanyakan lanjut, Mr.Wisit memberikan kartu namanya.

“Boleh sambung cerita dan bertanya apapun di email, Sir?” tanyaku.

“Sure. You can chat with me, Ejie…” ia berkata.

Ia pun berpesan untuk mengirimkan foto kami bertiga (Mr. Charoonkiat, aku dan Mr. Wisit) di lokasi praktek nano bio di halaman gedung, karena saat itu aku request berfoto bersama orang-orang cerdas yang aku temui hari itu.

Oia, sedikit bercerita mengenai ketertarikanku pada durian organic di Trad province yang ada di Thailand, akupun bercerita mengenai kesukaanku pada traveling. Mr. Wisit mengundangku untuk berkunjung dan menyaksikan durian organic disana.

“Well, someday i’ll be there and contact you, sir… Wish me πŸ˜‰ ,” hope for the traveling.

“You should be there, Ejie….” ujar Mr. Wisit dengan senyum ramahnya.

I’ll see you in email and other agricultural events, sir….. πŸ™‚ (jie)

***

Published by

ejiebelula

I'm just an ordinary person who is always looking for friends, adventures and life stories to complete. it all started from any footsteps, traveling and recording with a cheerful heart notes and a spirit that always accompany my steps toward the so-called ideals of the school also hopes to live through the experience. I will dedicate my heart only for two, red and pink. # Waiting for the right moment for a heart the gift of God

Leave a Reply

