Backpacker Society Peduli Kanker

(doc Pay-Wongso)
(doc Pay-Wongso)

Memberikan kebahagiaan memang dimulai dari bagian terkecil, keluarga. Ruang lingkup setelahnya adalah lingkungan sekitar. Mengasah rasa kepedulian dan empati kepada sesama merupakan latihan yang hanya bisa diperoleh dari pengalaman berbagi. Tidak semua keberuntungan bisa dimiliki seseorang. Terkadang, beberapa hal mungkin meleset dari pandangan kita. Tetapi jika saja kita lebih peduli dengan yang terjadi di sekeliling kita, hal kecil tersebut bisa kita lihat dengan lebih tulus. Dan Backpacker Society menangkap hal tersebut.

Sekumpulan traveller yang menyatukan bentuk kepeduliannya terhadap sebagian orang yang membutuhkan uluran tangan, berbagi kasih meringankan sedikit beban yang bukanlah kemauan mereka yang kurang beruntung maupun yang terkena musibah (bencana), dan mencoba memberikan kebahagiaan yang dapat membuat mereka tersenyum, tergabung dalam sebuah komunitas, Backpacker Society.

Backpacker Society yang terbentuk sejak 18 Juli 2013 mengkhususkan kegiatan sosial dengan berbagi kepada sesama, seperti anak-anak kurang mampu dalam pendidikan, fakir miskin dan anak-anak terlantar, serta orangtua.

Agenda kegiatan bakti sosial dari Backpacker Society ini merupakan kali kedua, setelah di tahun 2013 lalu mengadakan kegiatan bakti sosial di Panti Werdha Margaguna (Panti Jompo). Dan di kegiatan kali ini, Backpacker Society menggandeng Yayasan ANYO Indonesia (YAI) dan Yayasan Onkologi Anak Indonesia (YOAI) untuk berkunjung, mengajak dan menghibur anak-anak kanker ke Seaworld, Taman Impian Jaya Ancol, sekaligus mengenalkan kehidupan biota laut dan menonton bersama.

Sebanyak 24 anak kanker dari Yayasan ANYO dan YOAI dengan kondisi kesehatan yang terbilang sehat, akan hadir bersama 20 partisipan yang berasal dari para donatur yang juga turut serta pada kesempatan esok, Minggu (13/04).

***

Perbedaan Tumor dan Kanker

Terkadang, masyarakat sedikit terperangkap dengan pengartian antara tumor dan kanker. Menurut kamus kedokteran, tumor adalah benjolan. Seperti terantuk pinggiran tempat tidur yang bisa menyebabkan benjol.

Tumor dikategorikan menjadi 2, yakni tumor jinak dan ganas. Tumor ganaslah yang dikatakan sebagai kanker. Penentuan tersebut dilakukan oleh dokter spesialis patologi anatomi.

Secara mikroskopis, kanker merupakan kumpulan sel yang tidak dikelilingi oleh kapsul. Akibatnya, sel-sel kanker ini dengan mudah dapat menyebar ke organ tubuh lainnya di luar organ yang terkena. Hal inilah mengapa kanker dinyatakan sebagai suatu keganasan.

Yang harus dilakukan jika mengalami hal tersebut:
1. Bersikap tenang
2. Ikuti anjuran dokter bila diminta melakukan pemeriksaan lebih lanjut bertujuan menentukan apakah tumor tersebut jinak atau ganas

***

Sekilas Mengenai Yayasan ANYO Indonesia (YAI)

Yayasan Anyo Indonesia (YAI) adalah yayasan sosial, nirlaba yang didirikan di Jakarta 27 Juni 2012 oleh Bapak Sabar Manullang. Nama Anyo berasal dari nama kecil Andrew Maruli David Manullang, putra pendiri yang ‘pergi’ karena Leukimia (kanker darah) pada tanggal 7 Desember 2008 yang lalu. Pendiri berharap semangat Anyo semasa hidupnya dapat diteruskan untuk menolong anak-anak lain yang menyandang kanker di Indonesia.

YAI adalah salah satu yayasan yang membantu anak-anak dengan kanker, terutama dari keluarga pra-sejahtera di Indonesia.

Visi
Ingin bergandengan tangan bersama, hand in hand dengan semua pihak yang peduli untuk menolong anak-anak dengan kanker.

Misi
Ingin meringkan beban keluarga mereka.

YAI sudah menjadi anggota ICCCPO (International Confederation of Childhood Cancer Parent Organizations), organisasi orang tua kanker anak sedunia, dan setiap tanggal 15 Februari YAI ikut memperingati hari kanker anak sedunia.

Program YAI:
1. Rumah ANYO
Diperuntukkan bagi anak-anak kanker dari berbagai daerah di Indonesia yang berlokasi di Anggrek Nelli Murni A 110, Slipi Jakarta Barat yang menampung pasien dan pendampingnya. Rumah ini hanyalah rumah tinggal sementara dan tidak ada penangan tindakan medis disana.

Biaya administrasi hanya dikenakan sebesar Rp 5.000,-/hari/keluarga sudah termasuk biaya makan dan kebutuhan harian pendampingnya.

2. Edukasi kanker anak pada masyarakat.
Dilakukan untuk mewaspadai kanker pada anak sejak dini.

Fasilitasnya mencakup:
– Buku
– Video edukasi leukimia dan retinoblastoma yang dapat diakses di youtube.

***

Sekilas Mengenai YOAI

LATAR BELAKANG
Yayasan Onkologi Anak Indonesia (YOAI) didirikan pada tanggal 24 Mei 1993, oleh beberapa orangtua, sebagai ungkapan rasa syukur karena salah satu putra/putrinya yang pernah menderita kanker telah berhasil disembuhkan, dibantu simpatisan, relawan, psikolog dan dokter.

Anak-anak berhak memperoleh fasilitas yang sama dalam perawatan dan penanggulangan penyakit kanker.

VISI
• Membantu usaha pemerintah dalam pembangunan dibidang kesehatan anak khususnya penanggulangan penyakit kanker pada anak di Indonesia
• Meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap penyakit kanker pada anak

MISI
Membantu biaya pengobatan atau perawatan bagi pasien kanker anak yang tidak mampu.

Menyebarluaskan informasi mengenai penyakit kanker pada anak, deteksi dini dan penanggulangannya berupa :
1. Seminar bagi kelompok masyarakat, sekolah-sekolah dan penyuluhan bagi Petugas Sosial Masyarakat (PSM)
2. Kursus Ilmiah dan Workshop untuk dokter

Memberikan konseling, berbagi rasa dan pengalaman antar pasien kanker anak dan keluarganya melalui program “Family Supporting Group”.

Mewujudkan fasilitas atau pusat sarana penanggulangan kanker pada anak yang terpadu, memadai, terjangkau dan berstandar internasional.

Menjalin hubungan dengan lembaga atau yayasan sosial, rumah sakit maupun organisasi-organisasi baik di dalam maupun luar negeri:

o YOAI bekerjasama dengan 5 (lima) Rumah Sakit di Jakarta : RSUPN dr. Cipto Mangunkusumo, RS Kanker “Dharmais”, RSUPN Fatmawati, RS Anak & Bunda Harapan Kita, RSPAD Gatot Subroto
o Sejak tahun 1999 YOAI telah bergabung menjadi anggota dari International Confederation of Childhood Cancer Parents Organizations (ICCCPO) yang didirikan di Spanyol tahun 1994. Sampai saat ini mempunyai anggota 147 organisasi dari 81 negara di dunia. (jie)

***

Advertisements

Published by

ejiebelula

I'm just an ordinary person who is always looking for friends, adventures and life stories to complete. it all started from any footsteps, traveling and recording with a cheerful heart notes and a spirit that always accompany my steps toward the so-called ideals of the school also hopes to live through the experience. I will dedicate my heart only for two, red and pink. # Waiting for the right moment for a heart the gift of God

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s