Pesan Damai Ambon Untuk Dunia

(doc Erick Samuel)
(doc Erick Samuel)

 Perjalanan ini mungkin terbilang biasa bagi yang hanya sekadar melaluinya saja. Tidak bermaksud mengecilkan yang tanpa sengaja kesana atau yang sudah benar-benar niat kesana juga sih. Tokh perjalanan seperti apapun akan lebih terasa indah dengan siapa anda berjalan atau bagaimana cara anda menikmatinya bukan?
So, check this one out from another story of me.

(doc pribadi)
(doc pribadi)
 ***

Ambon Manise

September 2012

Kota Ambon, ibukota propinsi Maluku yang kerap diikuti dengan kata Manise, siang itu terasa manis untukku. Kenapa begitu? Iya, soalnya lautan manusia berpakaian berwarna merah dan putih sekitar 430 orang belum terhitung pendamping pada sebuah kegiatan akbar Sail Morotai, tersebar di sebuah taman asri serta terbuka untuk umum.

Lalu hubungan manis, merah dan taman apa? Manis untuk mataku yang nyaris cukup sulit mencari teman-teman dengan pakaian serupa. Ramai! Maklum, aku merasa silau dengan warna merah yang penuh saat itu, hheee… Merah untuk gelombang warna yang ternyata indah di kerumunan taman pembawa pesan damai itu. Ahh.. kangen!

Taman tersebut adalah wilayah wisata dimana terletak sebuah Gong Perdamaian Dunia. Gong ini terletak di Taman Pelita, pusat Kota Ambon. Untuk masuk ke wilayah tersebut, cukup merogoh kocek sebesar Rp 5.000,- saja. Sebuah loket kecil ada disisi kiri jalan raya, berhadapan dengan gong tersebut. Tapi lagi-lagi kusebutkan, kami semua, free masuk, berada dan foto-foto di sekitaran taman itu. Hahahaa… alhamdulillah, ya?

Gong pembawa pesan damai ini diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 25 November 2009 dan dibangun agar citra Ambon yang dulu identik dengan kerusuhan juga kekerasan dapat sirna serta hidup dalam damai. Akhir pekan merupakan saat yang selalu dipilih pelancong atau masyarakat Ambon untuk berkunjung.

Gong Perdamaian Dunia yang disangga dua pilar raksasa tersebut memiliki diameter seluas 2 meter. Ukuran besar gong ini berwarna keemasan. Pada badan gong terdapat gambar bendera dari tiap negara, berjumlah sekitar 200 bendera. Selain itu juga terdapat simbol tiap agama di dalam lingkarannya. Di tengahnya, ada miniatur bumi dan bertuliskan Gong Perdamaian Dunia yang terletak pada bagian bawah dengan sebuah kalimat World Peace Gong yang melingkar. World Peace Gong merupakan gong perdamaian yang ke-35.

Gong Perdamaian Dunia terdapat di:

  1. Bali (Indonesia)
  2. Genewa (Swiss)
  3. Shandong (China)
  4. Godollo (Hungary)
  5. Dll
(doc Dery)
(doc Dery)

***

Traveling itu menyenangkan bukan? Meski hanya berada di sekitaran sebuah taman? Yeapp.. dan panas yang menghujam itu bukanlah masalah jika diantara kita banyak orang terkasih yang juga menikmati arti sebuah kebersamaan.

Tak perlu khawatir jika merasa lapar setelah puas bermain di taman tersebut, karena aneka pedagang kaki lima di sekitarnya, siap menyajikan makanan ringan pengganjal perut. Udara pantai yang terasa pun menghantarkan kepenatan anda untuk beristirahat di sisi lain taman yang cerah. Dan 100 meter setelahnya ada Plaza Ambon tempat bagi sebagian kami yang haus akan kehidupan di darat setelah seminggu berada di lautan lepas bersama KRI Surabaya 591 yang membawa teman-teman Sail Morotai 2012.

Jangan lupa, selalu membuang sampah pada tempatnya ya teman. Ingatlah bahwa kepedulian kita adalah kebahagiaan alam yang kita kunjungi. Tak hanya di gunung maupun laut saja, daratan pun membutuhkan kita. Pun udara ya? Dengan tidak mencemarinya. Yeaaayy! Semangat berkelana! 😉 (jie)

***

(doc Dery)
(doc Dery)
(doc Erick Samuel)
(doc Erick Samuel)
Advertisements

Published by

ejiebelula

I'm just an ordinary person who is always looking for friends, adventures and life stories to complete. it all started from any footsteps, traveling and recording with a cheerful heart notes and a spirit that always accompany my steps toward the so-called ideals of the school also hopes to live through the experience. I will dedicate my heart only for two, red and pink. # Waiting for the right moment for a heart the gift of God

4 thoughts on “Pesan Damai Ambon Untuk Dunia”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s