Pipip si Putu Tepung Beras

Siapa yang tak kenal kue tradisional Indonesia ini?
Makanan khas yang sering dijual dengan gerobak dorongnya.
Sesekali berbunyi suara piiiiiippp… piiiiiiiipp… disertai hembusan asap yang keluar dari lubang uap yang tersedia pada kukusan sederhana gerobak.
Hihiiihii… kangen makanan ini.
Untungnya penjual kue tersebut masih sering lewat di depan rumah.
Tapi sekarang agak susah juga nungguin penjual kue putu ini.
Yuuuuukk… cari ๐Ÿ˜‰

(doc pribadi)
(doc pribadi)

***

Beragam jenis makanan khas nusantara, salah satunya adalah kue putu. Kue putu ada beberapa macam yang Ejie tahu. Yaitu putu tepung beras, putu ayu dan putu mayang. Perbedaannya, kue putu mayang diberi sedikit tepung kanji (tepung sagu, red) dan diberi pewarna kue. Kuenya pun terlihat basah.

Ada lagi yang namanya putu ayu. Sama-sama memakai kelapa parut.ย Kue tradisional yang enak dan lembut ini merupakan salah satu dari aneka jajanan pasar yang tetapย populer. Kue putu ayu atau sering disebut juga kue putri ayu ini memiliki tampilan cantikย dengan warnaย hijau dan putih dari kelapa yang diparut.

Kalau yang Ejie ceritain dengan bunyi pipipnya ini, kue putu tepung beras. Ejie lebih suka kue putu ini. Lebih terasa Indonesianya. Heheheeee…

Kueย yang berisiย gula jawa (pemanis yang dibuat dari nira yang berasal dari tandan bunga jantan pohonย Enau, red)ย dan parutanย kelapa dan tepung beras ini, biasanya berupaย butiran kasar. Kue ini dikukus dalam tabungย bambu.

Adapun bahan membuat kue putu tepung beras yakni:

  1. Tepung beras kualitas baik
  2. Tepung sagu
  3. Vanili bubuk
  4. Air secukupnya
  5. Gula merah sisir secukupnya, untuk isian
  6. Kelapa parut secukupnya, kukus dengan sedikit garam

Pembuatannya, sebelum dikukus, maka bahan yang telah ada, sedikit dipadatkan dalam tabung bambu. Itu hal yang kerap dilakukan oleh penjual kue putu tepung beras.ย Kebanyakan warna dari kue putu ini adalah putih dan hijau.

Yang Ejie tidak mengerti hingga kini, entah mengapa kue ini hanya dijual pada saat matahari terbenam sampai larut malam. Padahal sesekali kalau malam, kepengin juga deh makan kue putu dengan bunyi pipipnya itu.. ๐Ÿ˜€ (jie)

***

(doc pribadi)
(doc pribadi)
Advertisements

Published by

ejiebelula

I'm just an ordinary person who is always looking for friends, adventures and life stories to complete. it all started from any footsteps, traveling and recording with a cheerful heart notes and a spirit that always accompany my steps toward the so-called ideals of the school also hopes to live through the experience. I will dedicate my heart only for two, red and pink. # Waiting for the right moment for a heart the gift of God

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s