#GetStranded #Celebes: Sop Saudara Batas Kota Maros

Indonesia itu bisa dikatakan sebagai rajanya kuliner. Kelengkapan bumbu-bumbu dasar dapur khas Indonesia yang kaya akan rempah-rempah, menciptakan aroma dan rasa tersendiri. Berdasarkan hasil perjalanan saya #GetStranded #Celebes, inilah cita rasa khas Makassar yang menggugah selera nusantara.
LAPAR!

Hasil kelaparan, sop saudara dan sop konro!  (doc Kaper)
Hasil kelaparan, sop saudara dan sop konro!
(doc Kaper)

***

Surga kuliner!

Siapa bilang belahan bagian lain dari Indonesia tidak ada surga kulinernya? Uwoooo…. Jangan salah lho?! Indonesia bagian tengah ini, mempunyai berbagai macam kuliner yang pasti akan membuat semua orang yang sudah pernah mencoba makanan khasnya akan terus merasakan sensasi bumbu-bumbu yang terdapat di dalam hidangannya. Bahkan kepengin kembali dan mencicipi ulang apa yang sudah dirasakan.
#blah! MAU!!

Tidak dipungkiri lagi, Makassar termasuk salah satu destinasi dengan kuliner khas terbaik. Bukan hanya makanan berat saja pelengkap makanan pokok, tetapi jajanan khasnya pun mempunyai rasa dan nama yang unik.

Kali ini, saya menulis, kuliner wajib coba yang HARUS dicicipi ketika kaki sudah melangkah ke Kota Makassar ini. Hmmm… ngga sabar ngences!

Yuuukk… ikutin petualangan kuliner saya di bumi Indonesia tercinta edisi #GetStranded #Celebes yoow..

Berikut adalah makan WAJIB COBA Makassar:

  1. Sop Saudara
  2. Sop Konro
  3. Konro Bakar
  4. Mie Titi
  5. Pallumara
  6. Pallubasa
  7. Parape
  8. Sop Kepala Ikan
  9. Mie Goreng Spesial

***

(doc pribadi)

SOP SAUDARA
Cabang Andalas 65
Lokasi : Batas Kota Makassar Maros, Ruko C8
HPΒ Β Β Β  Β  Β  : 0853-4293-8888

Rumah Makan Sop Saudara disini, yang patut dicicipi adalah Sop Saudara dan Sop Konronya. Sedap!

Terus terang, karena bumbunya yang penuh, saya suka kuahnya yang kental berikut aromanya. Bawang goreng sebagai garnish terakhir, mungkin merupakan penyedap paling lengkap karena menambah selera makan dengan uap dari hidangan yang masih mengepul.
#tsaaaahh…. Ngences!

  1. Sop Saudara
    Makanan khas Sulawesi berbahan dasar daging sapi berkuah dengan racikan bumbu-bumbu Indonesia ini, merupakan hidangan favorit kuliner Makassar. Disajikan panas bersama nasi dengan bahan pelengkap seperti bihun, paru, daging. Beberapa ditambahi dengan telur dan perkedel.Adapun bahan-bahannya adalah:
    – Daging sapi
    – Paru goreng
    – Jahe
    – Lengkuas
    – Daun jeruk
    – Pala
    – Batang Serai
    – Daun bawang
    – Bawang goreng
  1. Sop Konro
    Adalah masakan sop iga sapi berbahan dasar iga sapi atau daging sapi yang masih menempel di tulangnya. Sop Konro ini kuahnya lebih kental daripada Sop Saudara. Kuah hitamnya berasal dari bumbu kluwak, menambah aroma tersendiri pada rasa konro. Biasanya dimakan bersama ketupat kecil yang disajikan terpisah.

    Menu and the price (doc pribadi)
    Menu and the price
    (doc pribadi)

    Bahan-bahannya terdiri dari:
    – Iga atau daging sapi
    – Jahe
    – Lengkuas
    – Kayu manis
    – Kapulaga
    – Asam jawa
    – Kluwak
    – Kelapa sangrai
    – Kemiri
    – Kunyit
    – Ketumbar
    – Jinten
    – Merica

  2. Konro Bakar
    Konro lainnya yang juga menggugah selera adalah Konro Bakar. Suguhan daging iga bakar berwarna coklat ini, masih menempel pada tulangnya. Konro bakar biasanya disajikan dengan bumbu kacang dan kuah kental berwarna hitam. Wooohh.. ini makanan favorit saya sewaktu ikut sail 2012 dan Pelantara II 2013 lalu.Sayang, ketika #GetStranded #Celebes, kami datang terlalu pagi setelah turun dari pesawat langsung menyerbu RM Sodara yang baru buka. Alhasil, ngga dapat makan Konro Bakar ini deh.Kisaran harganya antara Rp 35.000,- hingga 40.000,- per porsi. Harga yang sepadan kok untuk makanan yang sangat diincar wisatawan dari luar Makassar ini.

Untuk ukuran orang Indonesia, akan terasa lebih lengkap bila dikonsumsi bersama nasi dan sambal, wuihh! Tapi ya tergantung selera juga, mau pakai nasi, ketupat atau hanya lauknya saja. Karena 1 porsi saja, bisa membuat perut kenyang dan puas. Selain kedua kuliner tadi, ada pula menu ikan Bandeng dan ikan laut lainnya.

Untuk ke RM Sop Saudara (di luar bandara):

Lokasi RM Sop Saudara ini tidak jauh dari bandara, hanya 10 menit naik ojek. Keluar bandara Sultan Hasanuddin akan bertemu perempatan, lalu belok kanan. Setelah melewati sebuah minimarket, 300 meter kemudian akan menjumpai rumah makan tersebut.Terlihat plang besar berwarna merah di pintu masuknya. Terletak di sebelah kiri jalan. RM Sop Saudara ini mulai buka pukul 10.00 WITA.

Harga makanan:

  1. Sop SaudaraΒ Β Β Β  : Rp 20.000,-
  2. Sop Konro/kikil : Rp 34.000,-
  3. Konro BakarΒ Β Β Β  : Rp 35.000,- s/d 40.000,-

***

Recomended Place!

Kalau keburu lapar begitu landing, ngga perlu jauh-jauh harus ke kota Makassar untuk mencicipi masakan khasnya. Cukup 10 menit berkendara saja, anda akan langsung makjleb dengan sajian kuliner lezat duo sop greget ini. Ishhh… jadi kepengin!
#sabar yaaa

Tulisan kuliner lainnya akan disharing pada judul kuliner lainnya ya teman-teman… biar ngga bosan baca 1 halaman penuh. Nanti matanya siwer! Waahahhaaaaaa.. SEMANGAT BERPUASA jangan jebol gara-gara baca kulineran saya yaaaaaaa πŸ˜‰ (jie)

***

RM Sop Saudara yang tak jauh dari bandar udara Sultan Hasanuddin (doc pribadi, taken by adik Wendi)
RM Sop Saudara yang tak jauh dari bandar udara Sultan Hasanuddin
(doc pribadi, taken by adik Wendi)
Advertisements

Published by

ejiebelula

I'm just an ordinary person who is always looking for friends, adventures and life stories to complete. it all started from any footsteps, traveling and recording with a cheerful heart notes and a spirit that always accompany my steps toward the so-called ideals of the school also hopes to live through the experience. I will dedicate my heart only for two, red and pink. # Waiting for the right moment for a heart the gift of God

7 thoughts on “#GetStranded #Celebes: Sop Saudara Batas Kota Maros”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s