#GetStranded #Celebes: Camilan Khas Malengkeri

Kuliner Indonesia!
Apa yang terpikirkan? Enak, sedap, bumbu terasa, kepengin coba, penasaran, ngiler, maknyus, makjleb??? Wakakakkkkaaka.. susah kan menjabarkannya? Yang pasti, tak kenal maka tak sayang.
Untuk itu, yuk.. kenalan dengan beberapa kue tradisional hasil #GetStranded #Celebes saya. Dijamin bakal mencari deh pas wisata ke Makassar, hhe >ā—‹<

***

image

Petualangan itu, bukan hanya terpaku pada menikmati alam saja lho?!?? Tetapi juga menikmati kuliner yang belum pernah dirasakn lidah dan mampir dalam perut. Iya kan?? Karena dengan begitu, kita akan adil pada tubuh dan indera kita. Semuanya merasakan. Memberi kesempatan yang sama demi kondisi fit. Bukankah di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat?? Benar, kan?

Naaaaahh.. kali ini saya mau cerita petualangan kuliner icip-icip camilan atau jajanan atau kue tradisional atau panganan khas Makassar, tepatnya yang ada di sekitar Terminal Malengkeri, tempat saya dan mate beristirahat dan sarapan pagi sebelum melanjutkan perjalanan ke Tanjung Bira.

Nama kue-kuenya mungkin sedikit terdengar asing di telinga saya. Maka mencicipi untuk lidah, merupakan hal wajib bagi saya supaya tidak penasaran. Yukk, kenalan dengan kue-kue itu šŸ˜‰ …

Kue khas Terminal Malengkeri, Makassar:

Kue Tongkolok Ketan Merah (doc pribadi)
Kue Tongkolok Ketan Merah
(doc pribadi)
  1. Ā Tongkolok ketan merah
    Kue ini terbuat dari ketan merah serupa beras berwarna merah. Cara memasaknya sama dengan menanak nasi dan dikukus. Setelah matang, diberi parutan kelapa yang dicampur dengan gula merah.Makan kue ini, dicocol (dicelup sedikit) pakai sambal (campuran cabai dan saus sambal).

    Kue Putu Tongka (doc pribadi)
    Kue Putu Tongka
    (doc pribadi)
  2. Ā Putu tongka
    Mendengar namanya, jadi ingat film Willy Wonka yang diperankan si keren Deep tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan coklat ya? Hahah… tapi kue ini, sangat jauh dari kesan coklat yang manis deh.Kue putu tongka ini adalah kue yang sangat khas Indonesia sekali. Soalnya berbahan dasar singkong yang mudah didapatkan. Kue ini berupa adonan bolu singkong yang ditaburi kelapa parut. Rasanya tidak terlalu manis, karena memang yang terasa hanya singkongnya saja dan sudah dicampur dengan bolu.

    Saya rasa, makan dengan sedikit gula mungkin lebih enak ya? Kenyataannya memang seperti itu rasanya. Sedikit tawar tanpa gula. Mungkin untuk mengimbangi kue-kue lainnya yang sudah manis, kali yaaaa…

    Kue Panada (doc pribadi)
    Kue Panada
    (doc pribadi)
  3. Ā Panada
    Menurut saya, kue ini seperti roti goreng. Di dalamnya berisi sayuran dan bihun (laksa, orang Makassar menyebutnya, red). Rasanya lumayan pedas, karena isiannya bercampur dengan cabai. Gurih dan enak.Panada setahu saya berasal dari Manado, kan? Entahlah, di Makassar banyak sekali jajanan kue panada ini. Tapi asli enak sih dari manapun asalnya šŸ™‚

    Kue Roko Cangkuning (doc pribadi)
    Kue Roko Cangkuning
    (doc pribadi)
  4. Koko cangkuning (Roko cangkuning)
    Roko artinya bungkus. Kue ini dibungkus daun. Isiannya adonan ketan hitam serta kelapa yang sudah bercampur dengan gula merah lalu dibungkus adonan tepung beras. Seperti lepet, kue orang Sumatera. Kue ini juga seperti nagasari (tanpa pisang di dalamnya). Rasanya manis.

    Kue Taripang (doc pribadi)
    Kue Taripang
    (doc pribadi)
  5. Ā Taripang
    Seperti nama biota laut kan? Hehhe.. taripang yang ini camilan khas Makassar. Mungkin karena bentuknya yang memang sepintas mirip taripang laut ya?Kue yang terbuat dari tepung beras ketan dan kelapa parut serta diberi campuran gula merah ini, lebih maknyus jika ditemani oleh secangkir teh hangat maupun kopi hitam.

    Satu lagi, kalau kata saya, kue ini sama dengan kue gemblong yang suka saya makan. Waah, kalau gitu kan ngga usah jauh-jauh nyari kalau pengin. Bisa kok buat sendiri..
    #haseeekkk

***

Well, well…..
Sekian deh cerita saya tentang kue-kue hasil penasaran lidah dan laparnya perut di pagi hari itu menjelang melanjutkan perjalanan ke Tanjung Bira.

Eh iya, how to get there nya belum, ya?
Baiklah…. bisa mendapatkan kue itu sebenarnya dimana saja kok kalau di Makassar. Apalagi kalau di pasar tradisional. Terlebih di bulan puasa seperti ini, biasanya banyak deh kue-kue tradisional penggugah selera.

Tapi untuk mendapatkan kue yang saya informasikan ini, ada di arah Terminal Malengkeri. Terletak di depan sebuah minimarket. Yang menjualnya saat itu adalah seorang adik kecil yang baru mau masuk SMP. Namanya Hikmah. Katanya, yang biasanya berjualan disana, ibunya. Karena sedang musim libur sekolah, Hikmah biasanya menggantikan ibunya berjualan.

Tempatnya sederhana. Hanya berupa etalase dan seluruh camilan kue tradisional tampak dari buffet kaca etalase tersebut.

Harga kue per satuan Rp 1.000,- cukup murah kan untuk kantong para traveler? Enak, gurih dan kenyang pula. Hhhh… jadi kangen kue-kue itu deh.. (jie)

***

Advertisements

Published by

ejiebelula

I'm just an ordinary person who is always looking for friends, adventures and life stories to complete. it all started from any footsteps, traveling and recording with a cheerful heart notes and a spirit that always accompany my steps toward the so-called ideals of the school also hopes to live through the experience. I will dedicate my heart only for two, red and pink. # Waiting for the right moment for a heart the gift of God

2 thoughts on “#GetStranded #Celebes: Camilan Khas Malengkeri”

    1. kalo taripang yang gemblong itu ejie mau chris, tapi tongkolok ngga. berasa banget kek beras. tapi penasaran dan ngga lagi deh šŸ™‚

      kalo panada, enaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaakkk banget!! SUKA!
      *ngiler deh saya -_-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s