#GetStranded #Celebes: Ayo Makan Pallu

Eh iya, diantara makanan asli Bugis dan Makassar ini, ada nama yang sungguh membuat saya penasaran, yakni makanan yang diawali dengan kata “Pallu”.
Hebatnya orang Makassar iniiiiii…. segala palu bisa dimakan?? Hahaha…

***

Pallumara (doc pribadi)
Pallubasa (doc pribadi)

Rumah Makan Kota Daeng

Jl. Poros Maros Km 21, Batas Kota
Telpon: 0411-555-044

Jangan salah kaprah. Palu yang ada di Makassar, bukan sebuah alat pemukul yang biasa dipakai sebagai alat bantuan dalam bekerja. Palu di Makassar adalah nama makanan khas sebagai teman makan nasi atau ketupat. Palunya pun berbeda penulisannya. Diiringi huruf “L” 2 kali, “Pallu”.

Pallu yang dimaksud artinya dalam bahasa Makassar, kelapa atau santan. Hal ini saya tanyakan pada Wendi, teman gunung yang menemani jalan-jalan di hari ke 6 #GetStranded #Celebes via chatting.

Dijelaskan Wendi, makanan yang memakai kata “Pallu” sebagai penyerta awalannya, berarti di dalam sajian makanannya terdapat campuran kelapa atau santan. Kelapa tersebut bisa disangrai atau berupa parutan kelapa dan perasan kelapa yang menjadi santan. Oleh karena keunikan nama itu, aku mengincar makanan-makanan yang sudah sejak 2 tahun lalu kuinginkan. Beruntung, Wendi adalah teman baik yang sabar dalam menjelaskan semua pertanyaan cerewetku. Dia juga translater bahasa Makassar yang asik buat diajak jalan.

Ehh, ada juga sih yang mengartikan “Pallu” itu, masak. Mungkin beda tempat, beda pengartian bahasa kali yah? Apapun itu, semua masakan yang menggunakan “Pallu” ini, memang layak masuk dalam surge kuliner Makassar.

***

5 menit jalan kaki dari RM Sop Saudara, ada sebuah minimarket. Di depannya ada rumah makan perbatasan Kota Makassar dan Maros, Rumah Makan Kota Daeng namanya. Dari arah bandara, 15 menit perjalanan dengan berkendara. Letaknya di sebelah kanan jalan.

Rumah makan nyaman dan bersih ini, terhindar dari debu jalan raya karena terhalang oleh dinding kacanya. Di kanan pintu masuk, ada freezer tempat menyimpan ikan-ikan segar. Disisi lain, terdapat tempat pencucian ikan dan panggangan disebelahnya.

Disini, kulinernya lengkap. Tetapi yang wajib dicoba adalah makanan khas dengan 3 huruf “P” yang bikin penasaran, yaitu Pallumara, Pallubasa, Parepe, dan Mie Goreng Spesial. Ayok…. Ulas!

pallumara

  1. Pallumara
    Sajian ikan berkuah kuning ini lebih mirip dengan pindang bandeng. Namun jika dicicipi, rasa yang keluar terasa berbeda. Entah apa yang bisa membedakannya. Untuk Pallumara, kami disarankan memesan ikan kakap merah, tongkol, bandeng atau kerapu. Saya memilih ikan kakap merah yang ternyata, ya ampuuuunnn…. Gimana cara bilangnya ya kalau masakan itu sedap, enak, lezat, top, maknyus, makjleb banget??!? Kan jadi bingung enggambarkannya? Hheheee…Pallumara ini, bumbunya kuat. Perpaduan bumbu ditambah dengan asam jawa dan perasan jeruk nipis, membuat kuah Pallumara menjadi harum dan sedap. Tanpa kelapa maupun santan. Hanya mengandalkan kekuatan bumbu.

    Nah, untuk masakan ini, Pallu berarti masak dan Mara berarti asam. Karena rasa masakannya asam dan segar.

  1. Pallubasa (doc pribadi)
    Pallubasa
    (doc pribadi)

    Pallubasa
    Lebih mirip Coto Makassar. Pallubasa ini  biasanya masakan dengan isi dalam perut (jeroan) sapi atau kerbau dengan cara merebus jeroan dalam waktu yang lama agar lunak. Campuran dalam Pallubasa ini berupa daging iris. Karena kami sudah terlalu banyak makan daging, jadilah kami kembali menambah beban daging di tubuh ini.

    Kalau Coto Makassar dimakan bersama ketupat, sementara Pallubasa dimakan bersama nasi putih. Atau kalau hanya ingin menghirup kuah dan dagingnya saja tanpa pelengkap ketupat dan nasi pun bisa. Pallubasa ini biasanya berisi daging, paru dan hati dengan kuah santan. Rasanya juga ngga kalah dengan “Pallu” lainnya. Mantap!

  1. Another cullinary, Pareppe yang asam manis pedas. (doc pribadi)
    Another cullinary, Pareppe yang asam manis pedas.
    (doc pribadi)

    Parepe
    Ikan goreng yang ditumis dengan bumbu halus dan serai. Diberi air, gula jawa dan asam jawa. Rasanya asam manis pedas disajikan bersama aneka sambal khas Sulawesi Selatan. Sedap! Dan aku membungkusnya untuk dibawa pulang ke Jakarta. Keluargaku suka sekali makan aneka masakan ikan 😉 . Aman, karena ikannya langsung terbang di ketinggian mencapai awan. Hahahahahhh…

  2. Mie Goreng Spesial
    Mie ini mungkin banyak terdapat di tiap daerah. Tinggal bagaimana cara meraciknya saja. Buatku penggemar masakan erbahan dasar mie, olahan mie Rumah Makan Kota Daeng ini layak dicoba. Soalnya bumbu racikan yang ada di rumah  makan ini enak banget! Bikin rebutan makannya.Isi mie goreng spesial ini adalah bakso, daging ayam, udang, dan cumi. Pesanan mie Wendi, teman Bandung yang sedang mudik ke Makassar ini, kulirik terus saking enaknya. Waahahaahah… mau mienya, Weeeeeennn…. 😛

    Mie cihuy pesanan Wendi, enaaaaaaaakkk... (doc pribadi)
    Mie cihuy pesanan Wendi, enaaaaaaaakkk…
    (doc pribadi)

***

Lengkap sudah kuliner Sulawesi dari yang sudah pernah kucicipi hingga yang terpendam lama dan baru terealisasikan pada saat #GetStranded #Celebes lalu. Senangnya bisa mencicipi aneka masakan khas Sulawesi Selatan ini. Semoga selalu ada kesempatan untuk bisa mencicipi segala kuliner Indonesia tercinta ini. Tsaaaahhh… (jie)

***

Advertisements

Published by

ejiebelula

I'm just an ordinary person who is always looking for friends, adventures and life stories to complete. it all started from any footsteps, traveling and recording with a cheerful heart notes and a spirit that always accompany my steps toward the so-called ideals of the school also hopes to live through the experience. I will dedicate my heart only for two, red and pink. # Waiting for the right moment for a heart the gift of God

4 thoughts on “#GetStranded #Celebes: Ayo Makan Pallu”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s