Kue Roti Kenari Mami ST

Kue seperti puding. (Doc pribadi)
Kue seperti puding. (Doc pribadi)

Jika dilihat pertama kali, kue ini terkesan biasa saja. Mungkin sama seperti kue-kue khas Makassar pada umumnya. Manis dan pasti menggunakan telur. Sepintas aku mengira kue tersebut berupa bolu, karena bentuknya. Tak tergubris ingin mendekat maupun memegangnya. Benar-benar tidak tertarik ingin mencoba. Padahal aku sangat suka mencicipi camilan/makanan khas daerah manapun yang asing dan belum pernah dirasa lidahku. Tapi untuk yang kali ini, entah kenapa malas sekali mencicipinya.

 

Mbak Yen, adik ipar bosku menyuruh untuk kesekian kalinya mengambil kue itu dalam potongan kecil. Suruhan tersebut bukanlah paksaan, tetapi lebih kepada menghormati si empunya rumah yang telah menjamu kami di kediamannya. Apalagi kue itu hasil kreasi sendiri. Dengan malas, potongan kue roti itu pun aku sendokkan dalam sebuah piring kecil dan membagi dua kue itu dengan mbak Tuti, teman sekantorku.

Kugigit hasil potongan bagi dua kue roti itu. Aku terdiam, mengunyah kue dalam mulutku. Mereka-reka rasa kuenya. Lalu pandanganku beralih pada mbak Tuti yang ternyata sorot mata kami menyimpan rasa yang sama. Kusendokkan kembali kuenya dan sebuah senyum tersunggingkan.

“Mbak Ti, mau nambah lagi kah?” tanyaku.

“Iya, mbak Jie. Bagi 2 yaaaaa….” kami pun tertawa karena ketika ditawarin tadi, kami malas-malasan. Ngga tahunya, sekarang malah ketagihan! Ealaaaahhh……. Hahahahhha

***

Adonan utamanya hanya mengandalkan telur yang porsinya lebih banyak daripada terigu. Terigu hanya seperlunya saja sebagai pengental. Cukup ditaburi dengan tangan, seperti garam. Bahan lainnya berupa gula, roti, garam secukupnya dan kacang kenari.

Roti digunakan sebagai karbohidrat serta serat penyeimbang adonan telur. Sedangkan kacang kenari, digunakan sebagai tambahan rasa adonan kue roti kenari ini. Dikreasikan saja. Bisa juga diberi tambahan lain seperti buah-buahan atau topping lain yang anda suka.

Rasa manis yang pas dan tidak enek menambah daftar simple cullinary kesukaanku. Lembut gigitan kue roti ini akan terasa seperti puding. Begitu pun dengan irisan kacang kenari yang terdapat di dalam kue roti. Porsi pas dan tidak berlebihan rasa sangat khas dari tiap potongan kue yang masuk ke dalam kunyahanku.. Kepengin lagi!

Kue ini merupakan kreasi dari Mami ST (ibunda pak bos) yang telah berusia 76 tahun. Tidak termasuk dalam kue tradisional khas Makassar, tetapi kacang kenari memang mudah didapatkan disana. Mami ST, masih rajin membuat kue-kue khas Makassar dengan tangannya sendiri, apalagi jika ada tamu atau kerabat anaknya bertandang di kediamannya. Beliau berdomisili di Jl. Kancil Selatan, Makassar. Cukup bijak untuk menyambanginya sesekali dalam batas hubungan kekeluargaan.

Terima kasih untuk kue Mami yang lezat dan mampu menggeser dudukku hingga akhirnya masih terngiang dan lekat rasa Kue Roti Kenari yang membuatku ngiler saat menuliskan sepenggal kisah kue ini. Mau lagi, Mi.. Kue roti buatannya 😉 (jie)

#simpleCULLINARY #cake #bread #walnut #handmade #mother #makassar  #explorecullinaryINDONESIA #loveINDONESIA

***

Advertisements

Published by

ejiebelula

I'm just an ordinary person who is always looking for friends, adventures and life stories to complete. it all started from any footsteps, traveling and recording with a cheerful heart notes and a spirit that always accompany my steps toward the so-called ideals of the school also hopes to live through the experience. I will dedicate my heart only for two, red and pink. # Waiting for the right moment for a heart the gift of God

8 thoughts on “Kue Roti Kenari Mami ST”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s