Bukan Sekadar Hadiah

IMG_160308835955481

Menulis itu bukanlah paksaan, tetapi hati. Menulis itu bukanlah keharusan, tetapi keinginan. Menulis itu bukanlah kewajiban, tetapi ceria. Menulis itu bukanlah mengejar sesuatu, tetapi tulus. Eheemmm… itu mah saya, kalau kamu??

***

Niat mau mengajukan peng-aktif-an wifi ku pending. Keluargaku akan shalat Zhuhur berjama’ah. Karena sedang libur shalat, aku bermaksud menulis saja. Ada foto yang menggelitik jemariku untuk dikomen dalam blog, ehhh.. tepatnya sih dicerewetin melalui tulisanku. Hhahahh… gatal tangan nih!

Baru saja mengambil posisi duduk malas di sofa yang selalu ditutupi kain yang lebih menyerupai seprai itu agar sedikit terhindar dari debu. Tiba-tiba telingaku menangkap bunyi selot pagar rumahku berderik. Suara khasnya tak bisa dibohongin mengingat selot pagar tersebut yang sudah berumur puluhan tahun.

Aku mengintip dari balik tirai jendela ruang tamu. Hujan-hujan begini ada yang mau bertamu? Kelihatan helm dengan jas hujannya yang berwarna biru. Begitu pagar berhasil dibuka, aku melihat bungkusan lebar di tangannya. Seketika aku teringat pesan @ibupenyu dan @lucianancy beberapa saat lalu mengenai cek email berkaitan dengan tulisanku yang berhasil menjadi juara kedua di Workshop #TravelNBlog2 yang diadakan di Jalan Dipatiukur No. 5 Bandung, awal Desember lalu.

Spontan, aku berteriak.

“Biar kami (panggilan diriku bila di rumah) yang buka pintu dan terima bungkusan pak pos. Itu buat kami dari #TravelNBlog,” nadaku yakin sekali padahal belum tentu buat aku dan belum tentu itu pak pos kan ya? πŸ˜› wahahhhahah

Mama yang tadinya ikut mengintip akhirnya mengurungkan niatnya dan mulai shalat. Sementara aku sudah menerima pak pos di depan pintu.

“Buat E-jie…” ia mengeja tulisan yang tertera di surat penerimaan barang.

“Iya, saya sendiri, pak,” kuteliti dan ku cek nama pengirim, @lucianancy. Hmm.. benar. Bukan apa-apa, meneliti sebelum menerima barang itu penting. Karena aku membaca beberapa informasi, banyak yang menyalahgunakan jasa pengiriman barang seperti ini. Berhati-hati itu, baik, bukan?

(doc pribadi)
(doc pribadi)

“Tandatangan disini, mbak,” katanya.

Aku menandatangani di tempat yang ditunjuknya setelah sebelumnya surat tersebut ku foto. Ia menungguiku dengan sabar ketika dilihatnya aku agak kerepotan dengan satu tangan saja yg bereaksi. Kuucapkan terima kasih, kemudian ia menutup kembali pagar tersebut sebelum akhirnya aku masuk.

Tak sabar aku membuka plastik transparan yang membungkus plastik (lagi) di dalamnya. Kubuka dan sebuah tas reuse berwarna coklat pembungkus tas sebenarnya pun masih membuatku penasaran.

(doc pribadi)
(doc pribadi)

Taraaaaaaaa… Sebuah tas selempang “Vespa” berwarna hijau gelap perpaduan dengan hitam sebagai warna dasarnya, kukeluarkan.

Alhamdulillah, senangnyaaaaaaaaa…… #peluk tasnya

(doc pribadi)
(doc pribadi)

Untukku, hadiah merupakan bonus dari usaha yang kulakukan. Terpenting adalah bahwa hasil usahaku berupa tulisan, dibaca oleh para master dunia tulis-menulis. Bukan sekadar pujian, tapi lebih kepada saran atau kritiknya terhadap apa dan bagaimana penulisan atau blog yang kupunya. Karena pada saat workshop –meski datang terlambat karena kesiangan hitchhiking– aku terlongong-longong dan sadar dengan mulutku yang kerap membuat bulatan huruf “O” di tengah presentasi masing-masing narasumber dengan kekuatan thema yang dimiliki per personalnya. Aku mencatat tiap materi sesuai pengertianku dalam notes di tab.

Dan kini, bonus itu, ada di depan mataku. Buah dari usahaku, terpampang manis dengan satu bonus lainnya, ransel ringan berwarna merah bertuliskan #TravelNBlog dari baGoes, sebuah produk tas yang ramah lingkungan.

Kalau ditilik lagi, secara tidak langsung, aku mendapatkan tiga buah tas. Karena pembungkus tas selempang tersebut pun bisa difungsikan sebagai tas pendamping. Rezeki memang ngga akan kemana, kan? Datangnya pun dalam bentuk apapun.

(doc pribadi)
(doc pribadi)

Pada saat menulis untuk kompetisi workshop, aku tidak menargetkan akan mendapatkan salah satu dari hadiah yang sudah dipajang ketika #TravelNBlog2 berlangsung. Waktu itu ada dua ransel dan satu tas selempang. Aku juga tidak terlalu memperhatikan seperti apa tasnya.

Buatku, menulis tulus itu lebih berarti, lebih dalam dan lebih ringan saja. Karena menulis tanpa tendensi apapun, aku tidak meletakkan ego berhasrat ingin memiliki di dalamnya untuk mendapatkan salah satu hadiahnya.

Aku melakukannya karena aku menyukainya. Aku melakukannya karena aku ingin tulisanku bisa dibaca dan diberikan masukan agar tidak berbangga diri terhadap satu tulisan saja. Agar terus belajar menggali kepenulisanku dalam sebuah blog yang sangat jauh dari sempurna ini. Belajar agar terus memperbaiki diri dalam menulis serta tidak cepat berpuas diri. Dan semoga, tercapai keinginan dan cita-cita terdalamku. Apa itu? Haissshh… Nanti saja bocorannya jika semua itu telah terwujud. Amin Ya Rabbal Alamin.

Aku tidak akan berhenti bermimpi, karena semua yang terjadi dalam wawasan 8 tahun ini, memberikan pelajaran padaku. DARE TO DREAM, ejie… Keep it! (jie)

***

Thank’s to:

  1. 1. Panitia #TravelNBlog2
  2. Sponsor saya, Firsta Yuninda
  3. Pemberi info workshop, mb #oldgrave Olyve Bendon
Advertisements

Published by

ejiebelula

I'm just an ordinary person who is always looking for friends, adventures and life stories to complete. it all started from any footsteps, traveling and recording with a cheerful heart notes and a spirit that always accompany my steps toward the so-called ideals of the school also hopes to live through the experience. I will dedicate my heart only for two, red and pink. # Waiting for the right moment for a heart the gift of God

4 thoughts on “Bukan Sekadar Hadiah”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s