Hitchhike for TravelNBlog [1]

(doc Erick Samuel)
(doc Erick Samuel)

Tekadku sudah bulat. Will do hitchhiking from Jakarta-Bandung for #TravelNBlog. Bukan buat gaya sih, tapi aku senang melakukan aktifitas ini, hitchhike! Daaann… Sudah lama juga ngga kemana-mana dengan hitchhike. Kangen? Iya! Yuklah prepare..

***

Bandung Lagi?

Hitchhike Bandung? Again? Ngga pernah bosan ya kesana? Hitchhike pula?

Hahahahha… Entah ini sudah yang keberapa kalinya aku melakukan hitchhike ke Bandung sejak 2012 lalu dan selalu menyenangkan. Alhamdulillah juga, kendaraannya pun selalu saja berbeda.

Daya tarik hitchhike itu apa sih? Pastinya aku selalu menchallenge diriku, bisa karena mampu. Jika niat sudah ditanamkan, maka kekuatan niat diikuti usahalah yang akan kujalankan. Selain itu, hitchhike juga mengajarkanku untuk selalu menghargai, mensyukuri atas karunia dan rezeki yang kuperoleh. Bahwa dengan jalan sederhana, tiap orang berhak menikmati petualangan, perjalanan dan adventure dengan caranya sendiri. Bahwa untuk menuju suatu tempat, adalah banyak jalan menuju Roma. Bahwa untuk berbahagia, Sang Pencipta memberikan akal pada manusia agar berpikir, bertindak dan berbuat. Jadi, berusahalah mencari kebahagiaan bagi jiwamu, teman..

***

Ukir Numpang dan Packing

Aku mempersiapkan tulisan “Numpang” sebagai media berhitchhikingku. Karena hitchhiking sendiri, aku selalu mempersiapkan diri, terutama mental agar yakin bahwa memulai dengan niat tulus dan berprasangka baik, akan memuluskan jalan ke tujuan.

Mengukir “Numpang” disela-sela jam istirahat siang. Sepele memang, tapi penting. Kenapa? Karena belum semua orang mengerti dengan JEMPOL saja bila ibu jari kuacungkan sebagai tanda menumpang kendaraannya. Atau jempol sebagai lambang dari hitchhiker. Indonesia memang belum terlalu akrab dengan budaya menumpang “berETIKA” dari komunitasku ini. Jadi, mempersiapkan diri dengan tulisan itu, bisa disebut sebagai tameng juga 😁 .

(doc pribadi, taken by Iqbal)
(doc pribadi, taken by Iqbal)

Sampai rumah, aku memasukkan barang-barang yang dibutuhkan. Tidak banyak, karena hanya 2 hari 1 malam saja di Bandung nanti. Tempat menginap pun sudah aman, di Ujung Berung, rumah Ningrum, adik kelasku di Seni Rupa.

Umm… Karena sudah tujuan Bandung, selain ikut Workshop #TravelNBlog2, aku pun berniat latihan freedive dengan keluarga Bandung Freedive yang mengajariku cara bisa bertahan lama bermain di dalam air. Aku sudah komen-komenan sama Bona di salah satu sosial media menanyakan latihan rutin di hari Minggu. Semua oke dan jadilah sahabat airku si fin, masker dan snorkel kumasukkan dalam ransel merah yang sering menemaniku berhitchhiking. Waaaahh… Sudah kangen teman-teman BFD dan kolam UPI! Asiiiiikkk…. Nyemplung! 😍

***

Rencana Hitchhiking

Melaksanakan hitchhiking kerap kulaksanakan pada malam hari. Kebiasaan yang sudah tidak bisa ditawar lagi, mengingat awal komunitas @hitchhiker_id dulu, kami melakukannya tepat tengah malam antara pukul 00-01 dinihari, perjalanan di mulai. Demikian aku bila hitchhiking sendiri, jadi terbiasa pula di jam tersebut. Lihat kondisi saja. Kadang bisa berangkat jam 8 atau 10 malam.

Nah, karena sudah berencana jalan malam hari, maka, sejak @discoveryourindo, Firsta mengajak untuk mengikuti #TravelNBlog2 dan menjadi sponsorku mengikuti workshop, kuputuskan untuk hitchhiking ke Bandung. So, sejak H-2 otakku sudah penuh dengan jam keberangkatan ke Bandung.

Reminder yang terpasang pada pintu kulkas di kamarku berupa post it tanggal berikut jam, tertulis rapi di kertas berwarna pink. Segitunya? Iya! Bukan karena melulu tentang hitchhikenya, tapi keikutsertaan terhadap #TravelNBlog2 itu juga yang memacu semangatku. Lalu, kenapa hanya tanggal tanpa tulisan hari? Aku sudah hafal dengan keterbatasan memoriku yang tak pernah bisa mengingat hari. Kalau tanggal, kan bisa lihat di kalender dinding. Hehhehe…

***

Tak Seindah Rencana

Memang ya, rencana yang biasanya rapi itu, hampir kebanyakan, ngga semua akan berjalan seperti yang kita inginkan. Begitulah kejadiannya. Lemas? Tentunya. Kenapa?

Sore itu, aku sudah bersiaga di rumah. Sudah mengabarkan pada Ningrum dan Bona mengenai keberangkatanku. Packingan juga siap. Sudah istirahat, malah. Tapi, rezeki berkata lain. Hujan yang mengguyur Kota Jakarta hari itu, benar-benar membuat kepalaku sakit. Ditambah ketika pulang kerja, aku tak membawa jas hujan maupun payung. Belum lagi dengan hujan rintik-rintik yang tumpah di kepalaku yang tak menggunakan penutup kepala atau bahkan topi yang biasanya selalu ada dalam tasku. Arrgghhh… Cocoklah sakit kepalaku ini.

Lalu, bagaimana?

Badanku lemas serta kepala yang sakit, tak mengizinkan fisikku melaksanakan niat jam 10 malam keluar dari kamar nyamanku. Tak kuat dengan sakit itu dan tak mau juga menentang kehendak badan yang menginginkan beristirahat.

Kuminumkan obat pereda sakit, berharap aku kembali sehat sehingga bisa melangsungkan niat hitchhiking.

Angin dingin menusuk kulitku, suara rintik hujan awet terdengar di telingaku. Lamat-lamat kudengar pintu di kamar bawah tertutup, tanda orang-orang di lantai bawah mulai memasuki peraduannya. Pandanganku menjadi nanar, televisi di depanku pun mulai bergaris dan berbintik seakan hanya semut yang ada disana. Aku tak ingat apa-apa lagi. Tertidur diantara sejuknya malam itu juga niat hitchhikingku…

***

Wait!

Jadi kapan hitchhiking ke Bandung untuk hadir di #TravelNBlog2? Katanya sudah niat?

Hahhaahha…. Besok ya kita lihat kelanjutan ceritanya. Sekarang mah, mau bobok cantik. Ngantuk euy saya… 💤😅 (jie)

***

(doc pribadi)
(doc pribadi)
Advertisements

Published by

ejiebelula

I'm just an ordinary person who is always looking for friends, adventures and life stories to complete. it all started from any footsteps, traveling and recording with a cheerful heart notes and a spirit that always accompany my steps toward the so-called ideals of the school also hopes to live through the experience. I will dedicate my heart only for two, red and pink. # Waiting for the right moment for a heart the gift of God

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s