Pempek Panggang

(doc pribadi)
(doc pribadi)

Palembang memang terkenal dengan sajian kuliner yang berbahan dasar ikan dan tepung. Camilan kali ini, tak beda jauh dari tulisan sebelumnya. Dimakan bersama cuka, pempek akan terasa nikmat. Tidak digoreng, tetapi dipanggang! Ayooo… Cicip! 😋

***

Pempek!

Kuliner Palembang yang tak akan dilewatkan oleh siapapun penggemar camilan ini. Jika sudah pernah makan pempek, pasti ketagihan kepengin mencicipi lagi, ulang makan lagi, tambah lagi, terus dan lagi. Lapar kan? Hahahhah… Sama!

Adonannya tetap menggunakan tepung kanji/sagu yang dicampur dengan sedikit tepung terigu. Bedanya dari pempek biasa, sebelum disajikan, pempek ini akan dipanggang terlebih dahulu. Setelahnya, pempek akan dibelah, diberi isian ebi yang telah disangrai dan dihaluskan. Jika ingin pedas, sambal ulek dimasukkan dalam pempek panggang. Sentuhan akhir berupa kecap manis dilakukan sebagai penyeimbang rasa pedas pempek panggang tersebut.

Makan pempek panggang bisa kering hanya dengan isian ebi, sambal dan kecap saja. Kalau mau lebih terasa nikmat dan berkuah, tambahkan saja kuah cuka pempeknya. Hmmm… Sedap!

Dulu, sewaktu masih zaman sekolah, jam kursus sore di Shailendra, daerah Bagus Kuning, sangat kusuka. Karena ada pempek panggang harum yang selalu kunantikan waktu jajannya. Pempek panggangnya enak, dimakan pedas sambil menghirup cukanya, apalagi kalau habis hujan dan makan pempek panggang hangat, wuiiihhh….. Ngences, ces, cesss!! 🍴

Harga pempek panggang waktu sekolah itu sepertinya tak sampai Rp 1.000,- deh. Kalau sekarang mah, sudah Rp 3.000,- per pieces. Tapi kalau makanan enak, biasanya tetap hajar bleh, kan ya? Hhe..

Biasanya pempek panggang sekolah itu, jualannya di gerobak dengan panggangan besi dan arang sebagai penyeranta pemanggangnya. Sekarang, pempek panggang bisa dengan mudah didapatkan di pusat-pusat penjualan pempek. Hampir kesemuanya menyediakan pempek panggang juga sebagai pilihan kulinernya. Oia, kalau di Palembang, pempek panggang ini disebut juga pempek tunu.

Pokoknya, makan pempek panggang itu ngga ada kalah nikmat lho dengan pempek goreng dan aneka kuliner Palembang lainnya. Hayuuuuuu…. Masih duduk diam di tempat hanya membaca dan ngences saja disitu? Sana giihh… Cicipin kuliner Palembang, pempek panggang donk. Biar punya tambahan rasa lagi pada lidah dan perutmu. Atau coba kunjungi salah satu laman resep pembuat pempek panggang yang tersedia di om google. (jie)

***

 

Advertisements

Published by

ejiebelula

I'm just an ordinary person who is always looking for friends, adventures and life stories to complete. it all started from any footsteps, traveling and recording with a cheerful heart notes and a spirit that always accompany my steps toward the so-called ideals of the school also hopes to live through the experience. I will dedicate my heart only for two, red and pink. # Waiting for the right moment for a heart the gift of God

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s