Late Report #LMSC7: 25 Karung Sampah RW 10 dan 12 Bantar Jati

Karung berisi sampah yang dikumpulkan oleh warga #Bogor RW 10 dan 12 Kelurahan Bantar Jati. (doc pribadi)
Karung berisi sampah yang dikumpulkan oleh warga #Bogor RW 10 dan 12 Kelurahan Bantar Jati.
(doc pribadi)

Membersihkan sampah bukanlah hal mudah. Apalagi jika sudah menyangkut membersihkan wilayah yang lebih besar akibat kelalaian kita, kebiasaaan membuang sampah sembarangan. Membersihkan sungai misalnya, jika tidak memulainya dari diri sendiri, tentunya akan merepotkan. Menertibkan juga mendisiplinkan diri, belajar agar tidak membuang sampah di sembarang tempat pun bergantung pada kita sebagai pribadi. Dan kesempatan membersihkan beramai-ramai, tercipta dari kerjasama yang dilakukan warga pada salah satu Kelurahan di Bogor yang berperan serta dalam Lomba Mulung Sampah Ciliwung, Sabtu (30/05/2015) lalu.

Kelurahan Bantar Jati – Lomba Mulung Sampah Ciliwung yang diikuti oleh salah satu kelurahan, yaitu Kelurahan Bantar Jati, mengumpulkan beberapa karung sampah hasil kerja warga Bogor.  RW Bantar Jati yang mengikuti lomba ini berasal dari RW 1, 4, 5, 8, 10, dan 12.

Rw 10 dan 12 mengumpulkan sampah dalam 25 karung. Kegiatan di Kelurahan tersebut dimulai sejak pukul 08.30 wib yang dikoordinir oleh beberapa volunteer yang tergabung dalam Komunitas Peduli Ciliwung (KPC).

Info Helmi,  petugas Trantib Kelurahan Bantar Jati yang berpartisipasi sebagai peserta #LMsC #SaveCiliwung ini termotivasi turut serta membersihkan sampah Ciliwung.

Kaget ngga kalau tahu bahwa ia bukanlah warga Bogor? Helmi tinggal di Depok dan keseharianlah yang mengharuskan ia pulang pergi ke Bogor. Kegiatan ini ketiga kalinya diikuti.

“Bukan karena alasan bekerja disini saja saya mengikuti kegiatan ini, tetapi tanggungjawab akan bersihnya sungai pun mengajak saya turut berada disini,” ujar Helmi.

Sedangkan Vika, volunteer dari Teknologi Industri Pertanian, ITB mengatakan, keterlibatannya dalam kegiatan ini karena mendapat info dari teman kampus yang merupakan anggota KPC memberitahukan lomba yang baru pertama kali diikutinya.

Dijelaskannya, meskipun bersihkan sampahnya bukan di hulu dan hilir, namun mengambil jalur tengah, dan walaupun dampaknya tidak terlalu besar,   yakni terterlihat sebagian, tetapi kegiatan ini positif.

“Paling tidak kita sudah turut membantu dan kefektifan kerjasama antar warganya baik karena membersihkannya mengambil jalur tengah. Kerjasama ini dilakukan karena sungai tersebut berada diantara 2 Kelurahan, yakni Kelurahan Bantar Jati dan Tanah Sareal. Semoga kepedulian ini akan panjang sifatnya,” kata Vika.

Mereka membagi wilayah kerja agar tidak bertumpuk atau hanya mengerjakan di satu titik saja, tetapi di beberapa tempat. Berjajar mengambil sampah dengan 3-5 orang, atau dalam jumlah sedikit hanya 2 orang. Menarik sampah yang tersangkut diantara bebatuan, maupun yang berjalan mengikuti air mengalir. Bersama mereka saling bahu-membahu mengambil sampah yang terserak di Sungai Ciliwung, Bogor.

Vika dan Gesha (volunteer) mengharapkan sesama warga #Bogor dan antar kelurahan bisa saling menjaga silaturahim dari lomba ini.

Tanggung jawab yang menyangkut kebersihan, tidak hanya akan berlaku demi masa sekarang, tetapi berpuluh entah beratus tahun yang akan datang.  Kebersihan serta membuang sampah pada tempatnya HARUS dimulai saat ini. Sudahkah anda belajar membuang sampah pada tempat yang seharusnya? Yuk, mulai peduli pada lingkungan, dimulai dari diri kita, teman… 😉 (jie)

***

 

 

Advertisements

Published by

ejiebelula

I'm just an ordinary person who is always looking for friends, adventures and life stories to complete. it all started from any footsteps, traveling and recording with a cheerful heart notes and a spirit that always accompany my steps toward the so-called ideals of the school also hopes to live through the experience. I will dedicate my heart only for two, red and pink. # Waiting for the right moment for a heart the gift of God

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s