Pecahkan Esnya

Main ombak di belakang kita (doc by Mahesa Febrian)
Main ombak di belakang kita
(doc by Mahesa Febrian)

 

Pernah ada di posisi merasa sendiri, padahal sedang di tengah keramaian? Mereka yang seru, kita yang tidak bisa ikut berbaur, atau kita terlalu sungkan mendekat?
Hmm.. apapun itu, sebuah games dalam suatu kegiatan, akan membantu kita memecahkan masalah mendapatkan teman baru. Dari yang tidak tahu dan tidak mengenal, akan menjadi kekangenan pada suasana dan teman-teman itu.
Jadi tunggu apalagi? Yuk gabung kalau games sedang berlangsung! πŸ™‚
***

 

Dalam suatu kegiatan, misalnya acara kantor, kegiatan komunitas, bertemu teman-teman di lingkungan baru, pernahkah kadang merasa asing dengan orang disekitar? Bagaimana memecah kebekuan yang ada?

Jika kita termasuk orang yang supel, mudah bergaul, cepat beradaptasi dengan lingkungan (kategori extrovert), mungkin bukan suatu hal yang sulit untuk memulai sebuah pertemanan. Apalagi membuka obrolan dengan orang lain.

Tetapi bagaimana jika kita termasuk dalam kategori orang yang pendiam? Senang menyendiri, pemalu, berinteraksi hanya dengan orang terbatas bahkan cenderung bisa dihitung dengan jemari (extrovert)?

Atau bisa jadi ada yang termasuk dalam dua kategori itu yang disebut sebagai ambievert? Manusia dengan dua kepribadian yang bisa menempatkan dirinya secara fleksibel. Tetapi tetap saja kan orang yang bisa menempatkan diri dalam 2 sifat tersebut, ada juga kelemahannya. Terkadang ia bisa menjadi orang yang moody. Berubah sewaktu-waktu sesuai perasaannya.

Rijal, Games Masters (doc by Bagus Setyawan)
Rijal, Games Masters
(doc by Bagus Setyawan)

Saat ini, di beberapa kegiatan, sering memasukkan permainan sebagai pemecah kebekuan atau lebih sering disebut ice breaking. Adanya hal itu, membantu ketiga jenis sifat yang ada untuk membaur satu sama lainnya.

Seperti Muhammad Arif Syamsurrijal, Freelance Fasilitator di beberapa konsultan traning Bandung dan Jakarta yang tertarik di dunia games untuk perusahaan, organisasi maupun komunitas.

Diterangkannya, ice breaking bisa menjadi pemecah kebekuan diantara orang dalam suatu ruang lingkup pekerjaan atau kegiatan. Sebut saja peserta dengan latar belakang berbeda.

β€œSelain menghilangkan garis pembatas (antara panitia dan peserta, atasan dan bawahan, senior dan junior) dalam suatu acara, ice breaking juga menciptakan suasana santai agar terlepas dari perasaan kaku dan tegang,” kata Rijal (34), pria kelahiran Tasikmalaya yang aktif terjun beraktifitas di lembaga traning pada tahun 2005 di Bogor.

Suasana gembira dapat terjadi sehingga akan menimbulkan kesan menyenangkan, penuh keakraban dan kehangatan. Ice breaking biasanya dilakukan dalam hitungan 15-30 menit. Setelahnya, suasana akan mencair dengan sendirinya.

Banyak metoode yang bisa dilakukan sebagai pencair suasana. Misalnya melalui sapaan, yel-yel, cerita lucu, bertepuk, lagu dan gerak, bahkan bermain tebak-tebakan atau simulasi game. Metode ini bisa jadi media untuk bisa masuk ke tipe atau karakter peserta.

Orang yang bertugas sebagai pemecah kebekuan biasanya disebut sebagai ice breaker, game master dan class leader. Pada intinya sama saja. Ice breaker harus menguasai permainan dan kelas dimana ia diperlukan. Kelas artinya bukan hanya di dalam, tetapi juga di luar ruangan.

Menghadapi orang banyak dengan karakter berbeda juga diperlukan persiapan. Yang paling mendasar adalah harus tahu tema, rundown acara, menyiapkan alat dan media permainan yang akan disuguhkan. Tambahan lain, mempersiapkan catatan kecil sebagai pengingat, cek lokasi dan sound system yang akan dipakai. Selain itu, setting ruangan juga bisa dilakukan agar dapat beraktifitas dengan nyaman.

Permainan yang ditampilkan terkadang juga on the spot. Bisa memakai alat, atau memanfaatkan benda atau barang yang ada di badan audience. Justru akan lebih memicu semangat, kreatifitas dan pola berpikir.

Untuk mendekatkan diri, biasanya permainan dikerjakan secara berkelompok. Kekompakan, kerjasama, saling asah dan asuh, biasanya berlaku disana. Menurunkan kadar ego berlebih pun akan membuat kita mengenal teman dalam hitungan selama permainan. Kemungkinannya akan terus berlanjut menjadi teman di luar permainan pun besar.

Jadi jangan hanya diam dalam zonamu, MEMBAURLAH dan TEBARKAN SENYUM! πŸ˜‰ (ejie belula)

This slideshow requires JavaScript.

 

 

Advertisements

Published by

ejiebelula

I'm just an ordinary person who is always looking for friends, adventures and life stories to complete. it all started from any footsteps, traveling and recording with a cheerful heart notes and a spirit that always accompany my steps toward the so-called ideals of the school also hopes to live through the experience. I will dedicate my heart only for two, red and pink. # Waiting for the right moment for a heart the gift of God

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s