Semarang: Lekker Paimo, Jleb!

Duo lekker Paimo! Photo taken by me
Duo lekker Paimo!
Photo taken by me

Dalam hitungan hari di Semarang, saya selalu mendengar kalimat, “Lekker Paimo.” Yang kepikiran, kata lekker itu berkaitan dengan makanan serupa crepes. Adonan tipis yang berisi coklat, keju, strawberry dan segala macam topping manis lainnya.
Ternyata?? Huaaaaa……. LAPAR!!!

Lapar Dinihari

Mouseย terus bergerak dari satu gambar ke gambar lainnya. Iya, malam itu, saya ingin menuliskan satu tema makanan untuk blog spiderwomen yang sudah lama bersarang, berjamur, atau apalah itu sebutannya karena lama ditinggal ngayab keliling. Hhhehhe

Kenapa kepikiran tema makanan? Siangnya, saya habis posting komen dan tulisan di efbe nya om Teguh, sang penyemangat menulis saya. Tepatnya sih, sang pengompor soal tulis-menulis. Doski selalu muncul di saat yang tepat dan memang selalu berhasil membuat saya bersinggungan dengan blog kembali. Makasih yak, om Teguh ๐Ÿ™‚

Heemm… jujur ya, penyiksaan perut sebenarnya kalau dinihari begitu, saya harus mensekrol sekian banyak gambar makanan dalam album foto. Huaaaaa… lapar kan? Sedih betul -_-

Dan cacing dalam perut kembali bersorak ketika jari akhirnya berhenti pada satu gambar yang benar-benar membuat air liurku turun naik. Slruupph… LEKKER!

Ohh mineee…… kasih dulu gambar makanan yang bikin ences berlomba di malam gelap tanpa lampu pada sudut ruang 3×3 itu. Haiyaaahhh Ejie!

Lekker keju Paimo Photo taken by me
Lekker keju Paimo
Photo taken by me

Lekker = Lapar?

Lekker artinya lezat, enak atau sedap. Berasal dari bahasa Belanda. Biasanya berhubungan dengan ucapan saat kita memakan makanan yang meninggalkan rasa khas pada indera pengecap.

Dulunya, kue lekker ini, hanya adonan terigu yang membentuk bulat tipis dengan rasa manis. Tetapi di Lekker Paimo, rasa pada lekker bisa mempunyai banyak rasa.

Adalah Paimo si pemilik jajanan lekker yang bertempat di depan SMA Kolose, Loyola, Semarang, membuat lekker menjadi tidak biasa. Ia memberikan aneka varian rasa dalam lekkernya.

Berjualan sejak 1993, Lekker Paimo kini sangat terkenal. Hingga siapapun yang singgah ke Semarang (dan kalau berjalan dengan teman Semarang) akan diajak mencicipi lekker tersebut.

Mulai buka sejak pukul 09.00-17.00 Wib, lekker ini akan selalu ramai dikunjungi orang. Hanya berupa tempat sederhana dengan gerobak jualan yang biasa mangkal di depan sekolah-sekolah. Jajanan ini sangat menarik minat para pemburu camilan, seperti saya ๐Ÿ˜‰

Kata Jul, sekarang pak Paimo membuka lekker di dua cabang. Satu di lokasi utama depan SMA Kolose, satu lagi di rumahnya. Tapi khusus pemesanan bagi para driver online saja yang memesan untuk customernya. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi antrian panjang seperti layaknya di lokasi utama.

Siang itu, saya bersama Julfikar, teman BPI Semarang, setelah berjalan-jalan di Mangrove Meirakaca, akhirnya memutuskan untuk mencoba camilan lekker itu. Akhirnyaaaaa….. aahahhhah

Lekker Menu Photo taken by me
Lekker Menu
Photo taken by me

Ampun! Antriannya banyak euy. Mata saya mencari-cari urutan makanan paling menggugah selera yang diketik pada daftar menunya.

Keju! Yeap, saya sudah melist lekker berisi keju dalam otak ences saya sejak dua hari yang lalu. Eh iya, setidaknya dari pesanan yang sudah masuk dalam daftar antrian, kita akan menunggu sekitar 20-45 menit.

Ngga bisa bilang tergantung pesanan rasa apa sih, bisa dapat duluan pesanan kita. Soalnya, dafar urutnya juga sesuai dengan pesanan masuk. Jadi sistem antrian sangat berlaku disini. Biar sama-sama menghormati dan ngga main rebutan. Keren ya โค

Saya celingak-celinguk memastikan pesanan belum dipanggil. Bolak-balik hanya untuk memotret sana-sini. Melihat menu, penasaran dengan orang yang rela mengantri demi bisa mencicipi menu pak Paimo ini.

Kalau diperhatikan, adonannya mungkin hampir seperti isian martabak. Telur, daun bawang, dan di topping keju yang penuh. Hhahhaha entahlah. Otak saya hari itu hanya berteriak, “Mau lekker! Lapar! Jangan lama, pleaseee…”
*norak tingkat dewa

“Santai, Jie. Paling ngga, 1 jam lah nunggunya. Kan ngga ada kemana-mana lagi kan?” kata Julfikar.

“Iya…”

Aaaakk… saya sebenarnya lapar parah lihat menu yang ditawarkan disana. Banyak aneka menu terutama dengan keju yang membuat ences ngga kuat nahan!
*ya ampun, ini tulisan kenapa banyak tanda seru dah?!?

“Besok kan bisa pesan lagi, Jie. Satu saja hari ini pesannya. Biar penasaran,” Jul bersuara.

Hihh, kenapa dia tahu isi kepala saya sih? Huaaaaa… mau pesan duaaaaaa…… tapi ngga boleh biar penasaran gitu katanya. Sebel!

Menurut Jul, menu paling yahud di lekker ini adalah sosis mozarella. Kejunya berasa karena lumerannya yang padat. Selain itu, ada juga isian karamel, coklat kacang, susu putih pisang, abon, jagung manis, sosis, dan tuna.

Untuk jagung manis, sosis dan tuna, Paimo’s Lekker menggunakan makanan kaleng. Makanya kalau dilihat, mereka memang benar-benar memikirkan pelanggan yang menyukai resepnya. Bukan sembarang isian untuk menaikkan nilai lekkernya di mata pengunjung saja. Hmmm….

Hei, piye ini? Lapar pleaseeeeeee……

Eh, tapi untuk mengurangi lama menunggu, Jul akhirnya mengambilkan rasa mainstream coklat keju untuk saya. Adonan crispy yang krenyes-krenyes. Enak. Makasi ya, Jul.. ย hhhahhah… Upps! Tetap saja otak saya hanya berisi lumeran keju parah dari pesanan yang sudah saya tunggu.

Lekker telur Paimo Photo taken by me

Lekker telur Paimo
Photo taken by me

Pesanan datang dan hahahhahaa… maaf ya Jul. Kali ini, doski yang harus bersabar, karena saya akhirnya menyabarkan lidah untuk tidak segera mengecapnya. Foto dulu si penggugah rasa ini..

Cekreeek dan nyam-nyam yummy yuhuuuuuuuu….

Lekker telor, sosis, keju yang tumpah ruah segera mengisi ruang mulut hingga tak adalagi kata yang terangkai. Diam dalam lumatan keju yang penuh! Huuummmmmm….

***

Paimo’s Lekker
Jl. Karanganyar No. 37
Brumbungan – Semarang

 

Advertisements

Published by

ejiebelula

I'm just an ordinary person who is always looking for friends, adventures and life stories to complete. it all started from any footsteps, traveling and recording with a cheerful heart notes and a spirit that always accompany my steps toward the so-called ideals of the school also hopes to live through the experience. I will dedicate my heart only for two, red and pink. # Waiting for the right moment for a heart the gift of God

8 thoughts on “Semarang: Lekker Paimo, Jleb!”

  1. nice post.. terimakasih sudah berbagi. Kunjung jg ke blog sikribo
    cemilan bukan-bukan, bukan keripik bukan kerupuk tapi gurih dan renyahnya bukan main-main. Info order, agen, reseller dan dropship silah hub phone/WA 082250295001 (tras). http://www.sikribo.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s