Hammockers Indonesia: Keamanan Hammock Tower (30 Tingkat)

 

Bergabung dengan komunitas unik, membuat saya belajar membaca celah yang ada. Salah satu yang menjadi perhatian adalah tentang keamanan saat berayun pada hammock (pribadi). Terlebih setelah melihat Hammock Tower 30 tingkat, Juni 2015 di Cikole, Lembang, Bandung. Bagaimana peranan Safety Master dalam pemasangan Hammock Tower? Lalu mengapa tulisan ini keluar satu setengah tahun kemudian?
Check it out 😉

DEsign by Hammockers Indonesia Officially`
Design by Hammockers Indonesia Officially`

AWAL

Beberapa hal menjadi pertimbangan saya saat menuliskan tentang keamanan Hammock Tower. Sebuah buku berisikan tulisan tangan tentang pergulatan benak menyoal hammock, tertuang disana.

Pertama, saya yang masih terbilang baru untuk dunia hammock, panjat-memanjat apalagi berurusan dengan tali-temali. Sungguh, sangat ngotot kepengin tahu lebih jauh setelah melihat 30 tingkat wow, woooww!

Kedua, saya hanya menuliskan apa yang terlintas dalam pikiran ketika itu pada sebuah buku yang tersimpan rapi, lembar demi lembar pertanyaan.

Ketiga, mencari tahu dari tiap foto-foto yang terekam dalam kamera sederhana saya. Selanjutnya adalah sisi penasaran saya yang akhirnya banyak bekerja, mengambil peran untuk lembar-lembar berikutnya.

Safety Master pada pemasangan Hammock Tower Gathering Nasional di Cikole, Lembang, Bandung. Tengah mem-belay. Doc pribadi, taken by me.
Safety Master pada pemasangan Hammock Tower Gathering Nasional di Cikole, Lembang, Bandung.
Tengah mem-belay.
Doc pribadi, taken by me.

Dari satu-dua orang yang menjawab private messages saya, juga berkat buku penasaran, memacu saya hingga terhubung dengan Deden Wahyudin. Salah seorang Safety Master yang bertugas pada pemasangan Hammock Tower 30 tingkat tersebut.

Saya diarahkan padanya, dan mengalirlah banyak pertanyaan yang terangkum dalam tulisan ini.

Alasan mengeluarkan tulisan ini, lebih disebabkan oleh banyaknya saya melihat secara langsung, bagaimana pesatnya perkembangan dunia hammock saat ini.

Jika dulu kami disuguhkan dengan pemasangan hammock (benar-benar) dilakukan secara aman, tentu saat ini pun, saya ingin keamanan bermain hammock bisa disosialisasikan secara meluas.

Sounds like crazy? Idealiskah?

Ya, untuk hal ini, demikian saya kedepankan tentang sistem keamanan yang (akhirnya) saya mengerti (dan tetap belajar sambil berjalan untuk memahami) arti percakapan bak interview santai ala saya di salah satu sosial media dengan Deden.

Tahap pembelajaran diperoleh dari hal-hal sederhana yang saya pelajari mengenai dasar-dasar hammock. Lalu membaca, bertanya dan terpenting adalah sering melakukannya dengan praktek.

Praktek seperti apa?

Menggantunglah, bermainlah, belajarlah dan kemping gih sana dengan teman-teman baik dari satu komunitas, maupun komunitas lain.

Namun untuk bisa mengerti hammock, jangan sungkan atau malu bertanya pada orang-orang yang sudah ahli di bidangnya. Pun saya tak pernah malu untuk bertanya dan belajar. Ilmu tidak berbatas, bukan?

Jadi, singkat dari curhat colongan diatas, saya ingin membagikan rangkuman percakapan, tulisan dari Deden Wahyudin tentang Keamanan Hammock.

***

This slideshow requires JavaScript.

Saya Deden Wahyudin, pada pemasangan Hammock Tower ditemani oleh Chesar, Dadan, dan Rivaldo. Kami sebagai Safety Master Hammock Tower pada event Gathering Nasional Hammockers Indonesia yang berlangsung di Cikole Downhill Track, Lembang, Bandung, 06 Juni 2016. Kami berasal dari Komunitas Indonesia Climbing Expedition (Sekolah Panjat Tebing Merah Putih).

Untuk Pemasangan Hammock Tower ini ada beberapa tahapan, yaitu :

1. Pemilihan Pohon
a. Pohon yang dipilih harus sehat (tidak keropos/mati).
b. Jarak dari kedua pohon sekitar 4-5 meter disesuaikan dengan panjang hammock yang akan di pasang.
c. Kondisi pohon harus tegak lurus ke atas atau tidak miring.

2. Pemasangan instalasi pengaman/anchor terdiri dari:
a. Pemasangan pada kedua pohon yang berada di ketinggian 20 meter, dengan memanjat pohon menggunakan teknik khusus.
b. Pemasangan dan pemanjatan hanya dilakukan oleh orang-orang yang profesional di bidangnya.

3. Pemasangan instalasi pengaman/anchor pada kedua pohon (1 pohon, 1 tali).
Cara ini menggunakan tali Carmantel (jenis tali statis panjang 50 meter) yang biasa digunakan untuk panjat tebing (kekuatannya talinya 2 ton/2000 kg).

Instalasi ini berfungsi untuk pengaman pada orang yang memasang hammock nantinya dan bisa digunakan untuk menolong/rescue untuk hammockers jika ada masalah/trouble.

4. Pemasangan instalasi pengaman/anchor pada kedua pohon.
Diposisikan di tengah-tengah pohon menggunakan tali Carmantel (jenis tali dinamis panjang 50 meter) yang biasa digunakan untuk panjat tebing (kekuatannya talinya 2 ton/2000 kg).

Instalasi ini berfungsi untuk pengaman pada orang yang memanjat ke hammock tower dan untuk turun dari atas ke bawah.

5. Jadi ada 3 tali (2 tali di pohon, 1 tali ditengah) yang menggantung untuk kebutuhan keamanan hammock tower.

6. Setiap hammock di atasnya dipasang Safety Line/tali pengaman, mulai hammock paling bawah hingga ke atas.

7. Setiap peserta yang naik Hammock Tower WAJIB menggunakan SEAT HARNESS (sabuk pengaman).
Tambahan lainnya, 2 Sling Webing yang panjangnya 50 cm. Setiap Sling Webing ada 1 Carabiner Screw/cincin kait berkunci, yang dikaitkan di seat harness.
Jumlah Sling Webing ada 2 utas, dan Carabiner Screw ada 2 buah.

***

Posisi teratas yang didominasi oleh tim dari Pushing Panda dan Hammockers Indonesia ketika 30 tingkat itu. Doc pribadi, taken by me.
Posisi teratas yang didominasi oleh tim dari Pushing Panda dan Hammockers Indonesia ketika 30 tingkat itu.
Doc pribadi, taken by me.

Teknik Pelaksanaan Naik

Seat Harness WAJIB dikaitkan di tali Carmantel yang di tengah Pohon (Lihat no 4). Tim Safety Master mengamankan tali/belayer dari bawah. Tujuannya untuk pengamanan dari para peserta yang naik Hammock Tower, dengan teknik khusus naik hammock.

Teknik khusus ini membutuhkan waktu yang cukup lama (sekitar 20 menit sampai puncak hammock tower). Untuk mengantisipasinya, menggunakan teknik memanjat biasa (di panjat tebing dikenal dengan pemanjatan tali terpasang/Top Rope), dengan memegang dan menginjak hammock untuk menambah ketinggian sampai hammock yang di tuju.

9. Setelah mencapai Hammock yg dituju, maka Sling Webing dan Carabiner Screw/cincin kait berkunci yang berada di Seat Harness, WAJIB dikaitkan di Safety Line/tali pengaman yang sudah terpasang di Seat Harness (lihat No 7).

10. Setelah Carabiner Screw/cincin kait berkunci terpasang (lihat no 9) dengan benar di Safety Line/tali pengaman, tali Carmantel Belayer di lepas, dan Hammocker selanjutnya bisa naik.

Jadi secara prosedur Hammock Tower ini cukup aman untuk dinaiki.

This slideshow requires JavaScript.

Salam Gantung

“Tiada hari tanpa menggantung.”
Deden Wahyudin

***

AKHIR

Yabaadabaduuuuuu.. I'm in! <3 <3 <3 Doc pribadi, taken by Mahesa Febrian.
Yabaadabaduuuuuu..
I’m in! Doc pribadi, taken by Mahesa Febrian.

Tulisan Deden, sudah melalui proses editing tanpa mengurangi maksud yang ingin disampaikannya. Terletak hanya pada kalimat sambung, tanda baca dan huruf besar di awal kalimat juga hal-hal yang berkaitan lainnya.

Semoga teman-teman hammockers yang membaca tulisan sederhana ini, tetap menyelaraskan keinginan berhammocking santai, namun selalu dalam kondisi aman.

Membagi sedikit cerita, membagi satu ilmu, membagi satu pengetahuan, tentu lebih baik daripada menyimpannya sendiri, bukan? Yeap, saya berbagi. Maafkan menyimpannya karena saya belum terlalu mengerti ketika itu. Sekarang pun masih harus mencerna banyak kalimat agar bisa diterima otak dengan baik.

Keep hanging
Keep safety your hammock
See you at the next tress

Selamat menggantung dengan aman, hammockers(jie)

***

Advertisements

Published by

ejiebelula

I'm just an ordinary person who is always looking for friends, adventures and life stories to complete. it all started from any footsteps, traveling and recording with a cheerful heart notes and a spirit that always accompany my steps toward the so-called ideals of the school also hopes to live through the experience. I will dedicate my heart only for two, red and pink. # Waiting for the right moment for a heart the gift of God

3 thoughts on “Hammockers Indonesia: Keamanan Hammock Tower (30 Tingkat)”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s