Bali: Uluwatu, Puncak Batu Diantara Laut dan Hutan

Pulau Dewata atau Bali memiliki banyak pura. Hampir kesemuanya bisa dikatakan beragama Hindu. Salah satu tempat wisata yang dapat melihat pemandangan indahnya dari ketinggian adalah Pura Luhur Uluwatu.

Uluwatu from the other side.
Doc pribadi.

Terletak di Desa Pecatu, Kecamatan Kuta, Bali, pura berketinggian 97 meter ini menjorok ke laut dengan anjungan batu karang tinggi. Uluwatu dalam bahasa Sansekerta berarti Puncak Batu.

Untuk masuk ke dalam pura, haruslah sopan berpakaian. Pengunjung akan diberikan selendang atau kain yang dililitkan ke pinggang. Pengunjung juga diharapkan untuk menutupi bagian tubuhnya yang terbuka. Misalnya bercelana pendek (perempuan), ada kain panjang yang bisa digunakan sebagai penutup dan dikreasikan saja menjadi rok atau celana dengan kain pengikat yang juga dapat dijadikan sebagai tali pinggang.

Dan seperti adat yang biasa kita dengar, jika perempuan sedang tidak dalam keadaan bersih (datang bulan, haid), dilarang memasuki wilayah sakral pada pura.

Pura Luhur Uluwatu memiliki pura kecil yang berkaitan dengan pura induk, yaitu Pura Prajurit, Pura Pererepan, Pura Kulat, Pura Dalem Selonding, dan Pura Dalem Pangleburan.

Pura induk, yakni Pura Luhur Uluwatu berdinding putih bersih. Gerbang masuknya berupa gapura sederhana dari batu abu-abu gelap yang tersusun rapi. Ada ukiran dan patung, payung yang dilapisi kain dan pagar bercat putih di pintu gapuranya.

Bentuk pura di dalamnya memanjang dengan tempat pemujaan tampak di depan. Sementara di tengah, ada tugu kecil yang diikat kain untuk meletakkan bawaan saat memuja. Tidak ada benda lainnya.

Pada saat saya kesana bersama teman-teman kebidanan Yaspen Depok, pura tersebut tengah ditutup karena akan dilakukan pembersihan. Pembersihan dilakukan jika akan mengadakan upacara adat, misal upacara sembahyang Piodalan dan Pujawali.

Dekat pura induk, pemandangan indah laut dibawah bisa terlihat dengan jelas. Ujung pura di kanan yang membentuk huruf U, terlihat jelas dari pagar dimana kami berdiri diatas tangga paling atas.

Debur ombak  Pantai Pecatu pun terdengar jelas dari tempat kami melihat pura induk. Pantai Pecatu, kerap dijadikan tempat para peselancar bertanding karena ketinggian ombaknya yang memenuhi syarat dalam olahraga selancar atau surffing.

Di Pura Luhur Uluwatu ini, kita bisa melihat dari 3 arah. Sisi kanan, tengah dan kiri. Pura Luhur Uluwatu sendiri berada di posisi tengah, seakan diapit oleh kedua tempat di kanan kirinya.

Pagar atau tembok yang ada disana, dibuat setinggi orang dewasa. Bahaya memang karena jurang dan pantai yang terletak di bawah terlihat jelas. Ya, pengunjung bisa menyaksikan pemandangan laut lepas, Samudra Hindia dari Pura Luhur Uluwatu ini.

Di kiri jalan pura, ada sebuah pendopo berukuran 3×4 meter yang bisa dijadikan tempat berisitirahat dan bersantai sejenak. Selain itu, dari sisi depan pintu gerbang Pura Luhur Uluwatu, kita bisa melihat hutan yang terhampar hijau.

Depan Pura Uluwatu, spot kece buat foto.
Doc Desi Yaspen.

Areal induk pura ini paling diminati oleh pengunjung. Bisa memotret keindahan laut dari dua sisi diantara Pura Luhur Uluwatu. Bila ingin suasana sejuk, pemandangan hutan hijau pun menjadi salah satu daya tarik mengabadikan gambar disana. Bahkan, senja apik pun bisa dilihat dari pura tersebut.

Tangga ke arah batu marmer dimana terdapat keterangan mengenai Uluwatu.
Doc Desi Yaspen.
Wilayah adem dengan pepohonan cantik! ❤
Doc Desi Yaspen.

Turun dari pura, tangga dengan pohon rindang di kanan-kiri jalan tumbuh dengan penataan yang baik. Rapi, bersih dan tak terlihat sampah maupun kotoran sedikitpun. Tanaman di pura ini enak dipandang mata. Jika Anda gerah di atas tadi, turun ke daerah pepohonan ini akan terasa teduh.

Di wilayah ini, ada batu besar berbahan marmer yang berisi keterangan tentang pura. Batu ini berpigura batu alam berwarna coklat krem.

Oiya, disini masih cukup banyak kera yang berkeliaran. Pengunjung biasanya tertarik melihat kera-kera tersebut mendekati.

Saran saya:

  • Jangan memancing dengan makanan atau camilan Anda, sebab akan membuat kera-kera ini menjadi lebih agresif.
  • Jagalah tas dan barang bawaan Anda. Pakailah kacamata Anda (jika menggunakannya), jangan biasakan tergantung di atas kepala. Karena bisa saja kera-kera ini mengambilnya spontan dan membuat Anda terkejut.

Menurut cerita, Pura Hindu ini dibangun oleh Mpu Tantular. Dipercaya, Pura Luhur Uluwatu disebut sebagai tempat pemuliaan raja leluhur.

Pura ini digunakan pula sebagai tempat pemujaan pendeta suci Dang Hyang Niratha. Beliaulah yang disebut berhasil memindahkan batu semedinya ke tengah pantai Tanah Lot (yang kalau air laut pasang, berada di laut).

Untuk masuk ke areal pura ini, kita membayar 20 ribu per orang dewasa (wisatawan domestik), dan 30 ribu per orang dewasa (wisatawan mancanegara). Sementara anak-anak (domestik) membayar  10 ribu dan 20 ribu untuk anak-anak (mancanegara).

Membayar tiket di pura ini, memuaskan dengan kebersihan yang terlihat jelas bahwa tempat wisata ini benar-benar terawat. Tidak tampak sampah yang dibuang secara sembarangan selama kami berwisata. Lokasinya juga tidak jauh dari Pantai Pandawa, Garuda Wisnu Kencana, Dreamland, dan Pantai Jimbaran. (jie)

***

Advertisements

Published by

ejiebelula

I'm just an ordinary person who is always looking for friends, adventures and life stories to complete. it all started from any footsteps, traveling and recording with a cheerful heart notes and a spirit that always accompany my steps toward the so-called ideals of the school also hopes to live through the experience. I will dedicate my heart only for two, red and pink. # Waiting for the right moment for a heart the gift of God

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s