Perlengkapan Sederhana Menggantung (Hammock)

HI logo
Doc HI Official

Menggantung dengan hammock, bukan hal yang asing lagi kini. Barang outdoor satu ini terbilang mumpuni, ringan dan bisa diselipkan dalam bawaan keril maupun daypack keseharian. Tidak membutuhkan ruang yang banyak juga karena packingannya yang ringkas. Apa saja sih yang diperlukan dalam berhammocking?

Hammock dan gearloft.
Doc pribadi.

 

Ayunan atau kini lebih dikenal dengan sebutan hammock, memang semakin membooming. Sepertinya bukan di kalangan para penyuka aktifitas outdoor saja, para aktifis perkantoran pun bisa menggunakan hammock untuk indoor.

Terkadang hammock menjadi salah satu alat untuk dipakai saat berisitirahat siang, sebagai layout ruangan kantor dan beberapa juga mengkhususkan untuk dipakai sebagai sarana saat pekerjaan dilakukan di luar kantor.

Kenapa seperti itu? Saya menuliskannya ketika beberapa minggu dan bulan ke belakang sempat bekerja freelance di salah satu barang outdoor yang juga menjual perlengkapan hammock. Sebagian besar pembelinya memang anak muda dan penggiat outdoor. Namun tak jarang keluarga dan orang kantoran pun berbondong-bondong membelinya.

Iseng, saya kerap bertanya pada mereka kenapa memilih hammock. Jawaban variatif saya temukan dan salah satunya seperti alasan yang saya kemukakan di atas.

Jadi, hammock bisa dikategorikan masuk di semua kalangan, bukan? Tidak terbatas pada usia saja, tetapi juga semua lini dapat menggunakannya. Tinggal tugas kita mengedukasi dan menyampaikan tentang keselamatan menggunakan hammock saja.

Nah, sambil bekerja, kita bisa menyelipkan cerita tentang hammock, safetynya dan komunitas @hammock_id yang sudah ada. Siapa tahu mereka ingin gabung dan bertanya-tanya, kan? hhihihiii

Tak hanya sekadar sebagai pemanis dalam sebuah acara saja. Hammock pun kini bisa dijadikan pelengkap dalam sebuah kemping.

Ya, pelengkap yang tak hanya asal digunakan saja. Pelengkap yang juga harus dilengkapi bagaimana agar kita bisa tertidur pulas di dalamnya. Pelengkap dengan beberapa hal yang sebaiknya selalu ada di setiap kita hendak berjalan-jalan (wisata) dengan menggunakan hammock.

Heem..

Cerita simpel tentang hammock ini, terlihat ‘cetek’ ya? Ya mungkin saja diantara para penyuka hammock, ada teman-teman baru yang belum terlalu tahu harus mempersiapkan apa saja saat berhammocking, kan?

Yuklah di share infonya…

Apa saja yang (seharusnya) ada dalam perlengkapan hammock bila kita ingin kemping ceria?

  1. Hammock. Adalah ayunan tempat kita bisa berleyeh-leyeh santai. Biasanya terbuat dari bahan parasut kusut, benang yang dijalin, tali yang dijalin seperti layaknya ayunan pantai tempo dulu. Bentuk hammock pun bervarian (nanti di cerita selanjutnya yaaa).
  2. Suspensi. Bentuknya bermacam-macam. Antara lain carabinner, s-hook, o-ring atau shackle. Alat ini sebagai penyambung antara body hammock dan strap.
  3. Strap atau webbing. Tali dimana hammock bisa digantungkan dengan cara diikat ke pohon atau pondasi yang mendukung (tergantung tempat).
  4. Flysheet. Bahan ini berfungsi sebagai atap yang melindungi kita saat berhammocking. Agar terhalang dari hujan dan terhindar dari panas.
  5. Gearloft. Ukurannya setengah dari ukuran hammock biasa. Berfungsi sebagai tempat meletakkan barang-barang bawaan kita agar tidak tercecer dan tidak perlu ditaruh di bawah. Terhindar dari serangga dan basah ketika hujan.
  6. Lampu. Buat penerang dalam gelap di hammock (ngga wajib. Terserah si empunya saja).
Kemping paramonster, Bukit Becici, Yogyakarta.
Doc pribadi.

Bagaimana? Cerita simpel dan cetek ini hanya untuk pengingat dan sharing ke teman-teman yang ingin melengkapi perlengkapan kemping cerianya. Siapa tahu di weekend atau hari libur nasional nanti, berencana ingin mencoba kemping dengan hammock.

Oiya, jangan lupa perlengkapan pendukung pribadi lainnya juga harus disiapkan. Misalnya:

  1. Jaket
  2. Syal
  3. Kupluk
  4. Sleeping bag (SB)
  5. Kaus kaki
  6. Sarung tangan
  7. Matras
  8. Dll
Kemping hammock sederhana.
Doc pribadi
Taken by @prast

Semoga tidak kebingungan lagi kalau mau kemping dengan hammock ya, teman-teman.. (jie)

***

 

Advertisements

Published by

ejiebelula

I'm just an ordinary person who is always looking for friends, adventures and life stories to complete. it all started from any footsteps, traveling and recording with a cheerful heart notes and a spirit that always accompany my steps toward the so-called ideals of the school also hopes to live through the experience. I will dedicate my heart only for two, red and pink. # Waiting for the right moment for a heart the gift of God

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s