Kenali Hammock Menurut Jenisnya

Tempat tidur gantung semakin bervarian saja. Mulai dari warna hingga bentuknya. Kini cukup mudah mendapatkan tempat tidur gantung ini. Selain simpel jika dimasukkan dalam tas bepergian, tempat tidur gantung ini pun terbilang ringan dan bisa dipergunakan dalam banyak kesempatan berbeda.
Eits, ada jenisnya juga loh. Jangan salah persepsi ya? πŸ˜‰

Kemping survey mendadak.di Jawa Tengah (Paramonsters)
Doc pribadi

***

Tentang Hammock

Siapa bilang kemping tak bisa memilih? Sekarang bukan hanya tenda saja yang bisa digunakan untuk kemping, hammock pun bisa dibawa sebagai tambahan alat dalam bertualang.

Penggunaan hammock ini, bisa dilihat, ke tempat wisata mana kita akan berkunjung. Tidak semua gunung ada pohon untuk menggantungkan hammock, kan? Mungkin juga harus ditilik dari kekuatan dan kondisi tubuh kita, apakah tahan terhadap udara dingin gunung, atau tidak. Seperti saya πŸ˜€

Kempinghammock di Gegerbintang, Bandung
Doc by @misbah3955

Hammock tengah menyeruak masuk ke kalangan traveler. Karena ringkasnya, mudah dibawa kemanapun. Dari bentuk kotak, hingga berupa tabung. Hammock pun kini mulai bervarian ukuran besar kecilnya sesuai dengan kebutuhan akan kemudahan dalam membereskan barang-barang sebelum berangkat ke tujuan.

Dikenal dengan nama hammock, tempat tidur gantung atau disebut juga dengan ayunan, sudah ada sejak lama. Pemasangannya menggunakan dua sisi tempat untuk menggantungnya.

Hampir sama gunanya seperti tenda, tempat tidur ketika kita melakukan sebuah perjalanan. Jika tenda digunakan pada bidang datar seperti tanah atau batu, maka penggunaan hammock lebih dititikberatkan pada dua pondasi, misalnya pohon.

Kenyamanan tidur di hammock, antara lain melindungi kita dari tanah lembab atau basah, serangga, ular, atau makhluk beracun lainnya. Untuk lebih jelasnya, bisa membaca tentang hammock di link berikut,Β diskusi hammock di KASKUS.

***

Parasut hammock bentuk kotak (packingannya).
Doc Mas Alman

Ukuran Hammock

Jika diklasifikasikan, hammock dikategorikan berdasarkan ukurannya:

  1. Single (dikondisikan hanya untuk satu orang dengan tinggi dibawah 170 cm).
  2. Double (dikondisikan untuk tinggi badan diatas 170 cm).

Biasanya, hammock juga mengalami perkembangan sesuai kebutuhan dari pengguna tempat tidur gantung itu. Diatas ukuran double, biasanya para produsen membuat ukuran lebih besar diatasnya. Bisa disebut dengan king size, perfect, mammock atau big hammock.

***

Jenis Hammock

Dalam perkembangannya, pembuatanΒ hammock mengalami banyak inovasi dan kreasi. Selain di pohon, hammock juga bisa dikaitkan pada pondasi rumah, ventilasi, tebing, dua sisi bebatuan yang mendukung, dinding rumah, atau hal lainnya yang bisa menjadi tempat dikaitkannya ayunan tersebut.

Menurut jenisnya, hammock terdiri dari:

  1. Rope/Net Hammock

Adalah tempat tidur gantung zaman dahulu yang kebanyakan terbuat dari anyaman tali, atau akar. Bentuk rope/net hammock ini biasanya agak bolong-bolong karena berupa tali yang dianyam tidak terlalu rapat dan membentuk menjadi kasur gantung.

Rope/Net Hammock, pun terbagi menjadi dua macam:

  • Dengan spreader.
  • Tanpa spreader.

Biasanya rope/net hammock ini terdapat di pantai. Mungkin karena suasana pantai yang hangat, sehingga hammock jaring lebih cocok dipakai di pantai. Penggunaan hammock jaring ini pun, dimaksudkan agar sirkulasi udara untuk punggung kita, bebas supaya tidak gerah.

Rope/Net Hammock with spreader.
Doc by @pranataandrii
  1. Parachute Hammock

Mungkin lebih tepat bila disebut hammock bahan. Parasut merupakan salah satu bahan kain yang bisa dijadikan sebagai tempat tidur gantung.Β  Orang biasa menyebutnya rajut parasut nylon atau tafetta. Ada pula bahan ripstop dan lainnya.

Jenis kain parasut digunakan sebagai hammock karena ringan dan tipis. Selain itu, biasanya digunakan juga sebagai bahan jaket. Kain parasut juga mudah dibersihkan, cepat kering dan tidak menimbulkan bau.

Ada pula parasut silk. Bahan ini mudah ditemukan di Indonesia, karena digunakan juga untuk olahraga pragliding yang menggunakan bahan parasut. Bahannya yang ringan, juga memudahkan untuk terjadinya pertukaran udara pada wilayah punggung pengguna hammock.

Bahan lainnya yang biasa digunakan sebagai hammock adalah parasut ripstop. Kain ini merupakan jenis yang memiliki coating (lapisan anti air) bening atau transparan dengan tekstur kotak-kotak. Digunakan pula untuk membuat tas atau jaket. Hammock berbahan ripstop ini sedikit lebih hangat karena ada coating-annya.

This slideshow requires JavaScript.

  1. Tent Hammock

Jika Anda memikirkan tenda yang bisa digantung, yeap. Benar. Inovasi ini sebenarnya juga sudah ada sejak lama dengan beberapa brand terkenal yang memang mengkhususkan pada pembuatan tenda gantung.

Hampir keseluruhannya memang tidak ada beda dengan tenda yang berada di atas tanah. Ada furingnya (kain jaring bagian dalam), kantung ridgeline, stuff sack, serta menggunakan rainfly (tarp).

Kelebihan menggunakan tent hammock juga posisi kita yang menggantung terisolasi dengan baik sesuai kondisi, tidak khawatir dengan serangga, nyamuk, maupun binatang melata.

Tentsile, tent hammock
Credit to Google.com

Bentuk tent hammock adalah asimetris, dimaksudkan untuk mendukung punggung pada saat tidur. Pemasangan tent hammock, membutuhkan tiga batang pohon sehat sebagai pondasinya.

Tidak semua pemasangan tent hammock membutuhkan tiga batang pohon, ada pula yang serupa dengan hammock, hanya memerlukan dua batang pohon saja karena telah dilengkapi dengan spreader.

Merk rekomen yang ada di pasar international yakni, Hennesy Hammock, Tensile, Lawson Hammock, The Mark2 Hybrid Tent Hammock (junggle Hammock), dan sebagainya.

Hemm.. jadi sudah mempunyai gambaran tentang hammockkah? Sudah punya pilihan ingin memiliki hammock yang mana dengan warna apa? Berencana kemping dengan hammockkah? Atau mungkin, ingin mencoba menggunakan hammock sebagai sarana bertualangmu. Hhehehh… boleh saja.

Apapun itu, tetaplah selalu menjaga lingkungan sekitar ya. Karena dengan alamlah kita bisa menikmati segala pemandangan dan udara segar hingga hari ini. Buanglah sampah pada tempatnya, agar tetap asri dan bersih kemanapun tempat yang kita kunjungi. Selalu membumi ya,Β  kawan… (jie)

***

Kemping hammock di Wanawisata Pokland, Cianjur.
Doc by @anggitinsave

Tulisan ini dituliskan berdasarkan pengertian, pemakaian, dan pengenalan saya pada hammock, selama 2 tahun sejak 6 Juni 2015 di Gathnas HI#1 di Cikole, Bandung. Disamping itu, diskusi dan bertanya pribadi dengan teman-teman yang tergabung dalam Komunitas Hammockers Indonesia.

Untuk bergabung:Β 

IG >> @hammock_id
FB >> Hammockers Indonesia
Twit >> @HammockersID

Salam Gantung, hammockers

***

 

 

Advertisements

Published by

ejiebelula

I'm just an ordinary person who is always looking for friends, adventures and life stories to complete. it all started from any footsteps, traveling and recording with a cheerful heart notes and a spirit that always accompany my steps toward the so-called ideals of the school also hopes to live through the experience. I will dedicate my heart only for two, red and pink. # Waiting for the right moment for a heart the gift of God

2 thoughts on “Kenali Hammock Menurut Jenisnya”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s