Santai Menggantung Dengan Spreader Bar Hammock

DEsign by Hammockers Indonesia Officially`

Hammock spreader, bukan hammock yang dipakai spiderman karena jaringnya yah. Tapi hammock jaring yang kebanyakan terlihat di pantai. Hammock ini juga dikatakan hammock paling lama yang ada di dunia. Mulai dari zaman kolonial euy. Seperti apa ya, spreader bar hammock ini?

Rope/Net Hammock with spreader.
Doc by @pranataandrii

***

Tentang Kayu Penyebar

Jika Anda sering bermain di pantai, kemping bersama teman-teman dan menemukan ayunan jaring, sebutan kerennya adalah rope/net hammock. Tempat tidur gantung ini biasanya memang (lebih sering) kita temukan di pantai. Semilir angin pantai membuat kita dengan mudah terlelap setelah diayun-ayun oleh tempat tidur gantung ini.

Rope/Net Hammock adalah tempat tidur gantung zaman dahulu yang kebanyakan terbuat dari anyaman tali, atau akar. Bentuk rope hammock ini biasanya agak bolong-bolong karena berupa tali yang dianyam tidak terlalu rapat dan membentuk menjadi kasur gantung.

Disebut sebagai spreader untuk bagian luar hammock yang berpasangan. Webbing buatan Pak RT #hammockersjakarta dengan bartak. Muat dalam lubang prototype bambu.
Doc pribadi

Pada hammock jaring, ada yang dipakaikan spreader bar (kayu penyebar), dan tanpa spreader.

Kayu penyebar (spreader bar)
Sumber dari Google

Spreader bar adalah alat berupa kayu yang digunakan untuk membentangkan hammock sehingga lebar sesuai kayu penampangnya. Selain di hammock jaring, spreader ini bisa digunakan juga pada hammock berbahan kain (parachute hammock) .

Guna kayu ini, membuat hammock yang kita naiki menjadi menyebar tanpa ada kerutan-kerutan jaring atau kain. Bersantai di hammock menjadi lebih enak, karena tidak perlu mengatur agar mendapatkan posisi badan pas di atasnya.

***

Perlengkapan spreader bar hammock untuk kemping di hutan, bumi perkemahan atau tempat kemping.
Sumber dari Google

Aturan Pasang

Biasanya, hammock dengan kayu penyebar ini, disesuaikan ukuran lebarnya dengan kain (hammock). Pemasangan bar yang sesuai dan kencang, akan membuat semakin tingginya kenyamanan berbaring di hammock.

Menggunakan hammock dengan kayu penyebar mempunyai plus minus juga. Sedikit memerlukan ruang lebih banyak untuk tempat tidur gantung ini.

Aturan memasang:

  1. Ketinggian suspensi harus 25 persen dari jarak suspensi.
  2. Jika hammock dengan ukuran panjang (misal 4 meter), ketinggian pemasangannya sekitar 1 meter dari tanah.
  3. Jika ukurannya lebih kecil, jarak dan ketinggian bisa disesuaikan.

***

Spreader bar hammock on hammock stand.
Sumber dari Google

Cara Tidur

Hammock dengan spreader ini, terbilang klasik. Biasanya banyak dipakai para pelaut dan nelayan. Dikembangkan oleh pelaut di zaman kolonial, hammock spreader menjadi salah satu pilihan bagi para pelaut untuk bisa tidur santai secara diagonal. Selain itu, memungkinkan melihat pemandangan di luar dek kapal. Bukan karena kekurangan tempat tidur.

Nelayan pun menggunakannya karena membutuhkan waktu beristirahat ketika menunggu hasil tangkapan ikannya saat di laut. Memakainya di kapal, ditambah alunan ombak, membuat para nelayan bisa dengan mudah beristirahat.

Ya ngga juga harus nelayan sih. Kita yang tengah liburan dengan kapal laut pun, kerap memanfaatkan media yang ada di kapal untuk bisa menggantungkan hammock.

Sumber dari Google

Demikian pun ketika mereka berada di pantai. Memanfaatkan batang-batang pohon di pinggir pantai untuk beristirahat di jaring yang mereka bawa.

Mungkin karena suasana pantai yang hangat, sehingga hammock jaring lebih cocok dipakai di pantai. Penggunaan hammock jaring ini pun, dimaksudkan agar sirkulasi udara untuk punggung kita, bebas mendapatkan udara pengganti supaya tidak gerah.

Pada perkembangannya, hammock ini tidak hanya menggunakan jaring tetapi juga mulai memakai kain. Baik memakai kayu penyebar, maupun yang tidak.

Tidur di spreader hammock, tidak membutuhkan waktu lama untuk menyesuaikannya.  Jauh lebih asik karena bobot tubuh terdistribusi dengan baik saat beristirahat. Spreader jauh lebih memberikan relaksasi pada tubuh, tanpa harus bersusah-payah mengatur posisi tidur.

Caranya pun tidaklah sulit:

  1. Cukup pasangkan pada kedua sisi pohon atau media yang mendukung untuk hammock spreader.
  2. Hammock akan membentang sesuai dengan kayu penyebar yang sudah terpasang.
  3. Sesuaikan ketinggian dari tanah, hingga nyaman saat menaikinya.

***

Spreader bar hammock yang sudah menyatu bagian-bagian lainnya.
Sumber dari Google

Posisi Tidur

Jika hammock tanpa bar, untuk mendistribusikan tidur dengan nyaman harus secara diagonal (birds eye), maka tidur dengan kayu penyebar, lebih bebas.

Disarankan untuk tidur memanjang. Karena hammock terbentang dengan adanya kayu penyebar, maka akan lebih memudahkan saat kita tidur. Tidak akan ada kerutan pada tempat tidur gantung, atau hammock.

***

Pasir basah Pantai Bara
(doc pribadi)

Melihat kegunaan hammock sekarang pun, hammock jaring atau hammock dengan kayu penyebar ini, tidak hanya ada di pantai. Bisa juga menggunakannya di halaman rumah, di taman, bahkan  di kantor yang mempunyai ruang beristirahat. Hahahaha seru juga yah 🙂

Perlu diingat, penggunaan hammock gantung dengan kayu penyebar ini, sebaiknya terlindungi dari udara lembab.

Jadi, sudah tahu, mau pilih hammock bergaya dan jenis apa untuk liburanmu di weekend nanti, kawan? Jangan lupa persiapkan kelengkapan lainnya yang mendukung juga yaahh.. biar liburan makin seru. Pastinya bareng teman-teman yang asik dong… hhahahha

Huraaayy! Selamat menanti matahari terbenam dari balik tempat tidur gantungmu, kawan..  😉 (jie)

***

Sisi dive camp pantai yang ada area spreader bar hammock
(doc pribadi)

Tulisan ini dibuat berdasarkan:

  • Membaca
  • Googling
  • Memperhatikan
  • dan suka ketemu hammock jaring kalau sedang main di pantai

***

Advertisements

Published by

ejiebelula

I'm just an ordinary person who is always looking for friends, adventures and life stories to complete. it all started from any footsteps, traveling and recording with a cheerful heart notes and a spirit that always accompany my steps toward the so-called ideals of the school also hopes to live through the experience. I will dedicate my heart only for two, red and pink. # Waiting for the right moment for a heart the gift of God

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s