Edukasi Mini Hammock Tower

Usia 1 tahun, masih terlalu belia memang. Dimulai dari kumpul biasa, ingin mengambil peran sharing dengan teman-teman sehobi, dan mulai bermain ke komunitas tetangga yang serupa untuk mengenal. Usahanya ingin belajar menularkan cara aman menggantung pun tidak mudah. Banyak endapan yang tersampaikan. Dan 1st Anniversary Hammockers Bekasi pun menjawab satu diantara tantangan safety hammock yang ada.

Edukasi Mini Hammock Tower Hammockers Bekasi
Doc by @anggitinsave

Bukan tidak sedikit kesulitan yang dihadapi saat berkutat dalam membuat sebuah acara. Berantem mulut, adu pendapat, suka tidak suka, kesal, bukan hal aneh yang kita jumpai ketika akan melaksanakan kegiatan. Ada saja kendala yang menyebabkan satu kubu kesal pada kubu lainnya. Atau satu pribadi pada pribadi lainnya.

Demikian pula dengan sosial media. Berlomba memposting gambar berkaitan dengan passion yang dirasa kurang memberikan manfaat pada orang yang melihatnya, kecuali mengundang nyawa. Lalu komen-komen negatif akan dengan senangnya tertuju tanpa melihat alasan lain. Itu biasa, bukan?

Belajar memperkenalkan cara bermain aman dalam menggunakan hammock, susah gampang. Tidak sedikit orang yang mencibir dengan ucapan “sok tahu, sok hebat, sok ngerti” dan lainnya.

Jika membiarkan ketidaktahuan berlarut-larut, bagaimana cara agar bisa meminimalisir postingan-postingan di sosial media tentang menggantung tanpa keamanan?

Kali ini, Hammockers Bekasi tidak hanya sekadar merayakan hari lahirnya, tetapi mereka membuat peserta menjadi antusias bertanya dengan praktek mini hammock towernya di Bumi Perkemahan Karang Kitri, Bojong, Bekasi.

 

***

Hammock tower 30 tingkat di Gathnas HI #1 Cikole, Lembang, Jabar.
Doc pribadi

APA ITU HAMMOCK TOWER

Belum terlalu banyak orang yang tahu apa itu hammock tower.

Jika dijabarkan, artinya hammock yang disusun secara bertingkat pada suatu pondasi. Pondasi bisa menggunakan 2 batang pohon (atau lebih, tergantung jenis towernya jika ingin bertingkat), pilar rumah, pagar, mobil, truk dan lainnya yang bisa dijadikan media untuk menggantungkan hammock.

Silahkan baca link terkait: Keamanan Hammock Tower 30 Tingkat

Hammock adalah ayunan kekinian yang terbuat dari bahan kain dengan jenis berbeda (bisa cek tulisan saya, search hammock). Bisa juga terbuat dari tali atau anyaman.

***

Tinggi standar hammock dari atas tanah.
Doc @anggitinsave / @sigit_eah

ATURAN PASANG HAMMOCK

Untuk membuat hammock dengan ketinggian tertentu, kita membutuhkan cara pasang yang aman.

Mengatur ketinggian hammock yang aman adalah 50-75 cm diatas permukaan tanah. Jadi kita seperti duduk di bangku pada umumnya. Santai dan mendapat posisi enak untuk tubuh kita saat mendudukinya.

Perhatikan juga jarak aman bagian bawah hammock yang Anda gunakan. Jangan sampai menyentuh dasar tanah atau rumput, karena bisa menyebabkan hammock yang Anda gunakan robek karena terkena gesekan dari dasar/bawah. Entah karena batu, atau benda tajam lainnya. Naikkan hammock (jika perlu) dan terjadi penambahan orang yang akan duduk di hammock yang Anda gunakan (lebih dari 2 orang dalam 1 hammock).

Sementara, ketinggian aman suatu hammock jika Anda ingin meningkatkan hammock, diatas 1,8-2 meter, sebaiknya mulai berpikir untuk memasangnya secara aman. Melengkapi bahan dan tali-temali, serta pendukung lainnya yang perlu untuk membuat ketinggian.

Perlunya memasang hammock secara aman ini, mengukur dengan cara mudahnya, bila kita berdiri, posisi hammock sudah berada diatas bahu kita. Artinya tidak ada tawar-menawar lagi, kita WAJIB memasangnya dengan menggunakan alat-alat yang berkaitan dengan keamanan hammock.

Pada 1st Anniversary Hammockers Bekasi lalu (29-30/07) panitia memasukkan dalam rundown, edukasi hammock tower. Tidak menampilkan ketinggian dengan susunan bertingkat yang wah, karena bukan poin itu yang ingin dikejar.

Bisa disebut dengan mini hammock tower. Karena ingin menyampaikan pembelajaran mengenai alat-alat yang digunakan, cara naik dan cara pasang bagi teman-teman yang hadir.

Beberapa mungkin terbiasa dengan cara panjat atau naik jika memang tergabung dalam komunitas climbing. Tetapi tidak semua orang mengerti dan mengetahui bahwa dalam berhammocking, cara tersebut juga digunakan jika membuat susunan hammock bertingkat.

***

Alat-alat yang dipergunakan dalam mini hammock tower.
Doc @sigit_eah

ALAT PADA HAMMOCK TOWER

Membuat hamock tingkat bersusun bukan hal mudah. Meskipun mini, ada beberapa alat yang harus dipersiapkan. Alat-alat tersebut juga merupakan bagian dari hammock yang kita pakai. Tambahan lainnya, biasa dipakai saat melakukan climbing.

Berikut adalah alat-alat yang dipergunakan untuk membuat mini hammock tower:

  1. Seat Harness (4 pcs)
    Alat ini digunakan sebagai pengaman seseorang saat berada di ketinggian. Pemasangannya pada bagian pinggang dan paha. Berfungsi sebagai penopang tubuh, agar seandainya pun terpeleset, maka kita akan aman pada saat menaiki dan turun dari hammock tower.
  2. Tali Karmantel (panjang 50 meter lebar 10,5 cm, minimal 1 buah)
    Digunakan sebagai pengaman utama pada pemasangan hammock tower dan safety line/anchor serta belaying.
  3. Carabiner Screw (12 pcs)
    Jumlah carabiner screw disesuaikan dengan kebutuhan hammock tower yang akan di pasang. Berfungsi untuk menyambungkan antara tali ke tali.
  4. Webbing pertama (11 pcs, dengan panjang 2-3m)
    Sebaiknya memakai webbing tubular atau biasa disebut donat. Webbing digunakan sebagai tali multi fungsi, dan tali jerat untuk membuat safety line. Selain itu, webbing juga menjadi tali pencengkeram ke pohon dan sebagai costail (penyambung) antara harnest ke safety line/anchor.
  5. Webbing kedua (panjang 15 meter)
    Digunakan untuk membuat tangga monyet.
  6. Figure Eight (1 pcs)
    Sebagai penghambat jalannya tali karmantel ketika membelay si pemanjat. Membantu untuk menahan agar tali tidak cepat turun atau berfungsi sebagai belayer.
  7. Hammock (4 pcs)
  8. Sarung Tangan
    Sebagai pelindung tangan bagi belayer ketika mengamankan pemanjat dari bahaya gesekan antara telapak tangan dengan tali pengaman.
  9. Pasangan
    Sebagai teman curhat dan pasangan ketika di atas hammock. Waahahahhaaa… Menghindari terjadinya hal-hal penyinyiran “pohon aja berpasangan, masa kamu sendiri aja” 😛

***

CARA MEMASANG ALAT

Setelah alat-alat membuat mini hammock tower terkumpul, hal yang harus diperhatikan adalah kondisi pohon dan jarak standar pohon (baca: keamanan hammock tower)

This slideshow requires JavaScript.

Berikut adalah cara memasangnya dengan penjelasan sederhana. Pemasangan alat ini, dilakukan saat di lokasi.

  1. Pasanglah anchor utama terlebih dahulu.
  2. Buatlah anchor menggunakan webbing dengan simpul jangkar. Ikat di setiap ujung webbing dengan menggunakan simpul pita, buat jarak sisa tali dari pohon ke ujung 3-5cm, lalu kaitkan carabiner (anchor utama untuk pengamanan belayer)
  3. Buat 2 anchor dibawahnya untuk tempat penyambung safety line menggunakan tali karmantel. Buat simpul kelinci pada ujung tali karmantel lalu sambungkan ke anchor pada pohon menggunakan carabiner.
  4. Buat anchor ke 4 pada pohon ke 2, lalu tarik tali karmantel dari pohon 1 ke pohon 2. Gunakan simpul butterfly pada tali karmantel, lalu hubungkan ke anchor 4 menggunakan carabiner.
  5. Cek ketegangan tali. Harus pas, tidak boleh terlalu tegang dan kendur.
  6. Berikan jarak antara safety line ke bawah, min 1 meter. Buatlah anchor ke 5 di pohon ke 2 dan hubungkan tali karmantel dengan simpul butterfly.

Lakukan hal yang sama sampai ke safety line paling bawah (sesuai kebutuhan). Sisa dari karmantel, gunakan untuk belaying (dibahas pada tulisan selanjutnya yah 🙂 )

***

Cara naik yang dilakukan dari paling atas terlebih dahulu dengan belaying.
Doc @anggitinsave

CARA NAIK HAMMOCK TOWER

Saya pernah memposting tulisan naik hammock, silahkan dicek yah.

Untuk hammock, peserta naik dari tingkatn paling atas. Sebelum menaiki hammock, cantolkan atau pasang tali pengaman yang menempel di harness ke tali safety line mengunakan carabiner.  Jangan lupa kunci carabiner tersebut.

Berikut adalah beberapa cara menaiki hammock tower:

  1. Naik dari hammock satu per satu dengan pengaman.
  2. Menggunakan tangga monyet dengan webbing panjat.
  3. Memakai tehnik prusiking SRT dari bawah ke atas.
  4. Menggunakan tehnik jumaring

TIPS: peserta jangan menginjak safety line atau tali hammock karena bisa berakibat friksi pada tali tersebut (putus).

***

This slideshow requires JavaScript.

Sudah selesai membaca? Pusing ngga? Sama, saya menuliskannya pun ngga gampang. Harus menalarkannya terlebih dahulu sebelum melanjutkan menulis. Membaca berulang, bertanya pada para narasumber saya yang kemarin mengerjakan mini hammock tower itu.

Menuliskannya saja susah yah, apalagi menaikinya? Jadi jangan pernah main-main soal keselamatan dan keamanan jika Anda sudah bermain di batas ketinggian lebih dari 1,8-2 meter ya? Ingat, keselamatan adalah utama.

Terima kasih @sandiirw dan @prazs.tio yang bersedia saya tanya berbagai macam dan membantu saya menyelesaikan tulisan ini.

Stay safety your hammock, Hammockers! (jie)

***

Yeaayy… happy 1st anniv dear HB! 😉
Doc Anggit/Eko
Advertisements

Published by

ejiebelula

I'm just an ordinary person who is always looking for friends, adventures and life stories to complete. it all started from any footsteps, traveling and recording with a cheerful heart notes and a spirit that always accompany my steps toward the so-called ideals of the school also hopes to live through the experience. I will dedicate my heart only for two, red and pink. # Waiting for the right moment for a heart the gift of God

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s